Cari Tahu, Penyebab Bengkak Pada Ibu Hamil

Cari Tahu, Penyebab Bengkak Pada Ibu Hamil

Kehamilan tentu akan memberikan beberapa perubahan pada ibu hamil baik dari segi fisik maupun psikologi. Sehingga tidak heran jika beberapa ibu mengalami bengkak saat sedang hamil. Biasanya perubahan ini terjadi akibat reaksi tubuh terhadap pertumbuhan dan perkembangan janin selama masa kehamilan yang disebut juga sebagai gejala kehamilan. 

 

Penyebab bengkak pada ibu hamil

 

Kehamilan akan membuat tubuh menahan atau menimbun cairan daripada biasanya untuk melindungi dan mempertahankan kehamilan. Selain itu, cairan akan mencegah terjadinya reaksi penolakan tubuh ibu terhadap janin dan mengencerkan antibodi ibu. Cairan tersebut juga dapat mempertahankan volume air ketuban yang bermanfaat untuk janin agar bebas bergerak dalam suhu yang terjaga. Janin perlu dilindungi dari reaksi penolakkan tubuh ibu, karena janin sebenarnya merupakan organ asing dalam tubuh ibu. Penimbunan cairan pada kehamilan inilah yang menyebabkan ibu akan mengalami bengkak di beberapa bagian tubuh seperti kaki dan mata.

 

Bengkak pada ibu hamil biasanya mulai terlihat pada minggu ke 20 atau bulan kelima. Pada masa ini, ibu telah melewati fase mual dan muntah sehingga berat badan menjadi naik termasuk adanya penumpukkan cairan. Hanya saja, penimbunan cairan di bawah kulit tiap ibu hamil berbeda-beda. Sehingga ada beberapa yang akan terlihat berat badan yang naik, tetapi ada juga yang terlihat bengkak pada beberapa bagian tubuh. 

 

Bagian tubuh yang dapat membengkak saat hamil

 

1. Mata

 

Bagian tubuh yang dapat ikut membengkak pada saat hamil yang pertama adalah mata. Pembengkakan di sekitar mata memiliki istilah medis berupa pembengkakan periorbital. Pembengkakan ini seringkali disebabkan oleh penumpukan cairan dalam jaringan di area sekitar mata yang disebut orbital. Selain itu, pembengkakan mata bisa juga disebabkan oleh retensi atau cairan yang tertahan dan terlalu banyak mengonsumsi garam. Agar mata tidak bengkak, ibu dapat mengatasi dengan mengompres mata menggunakan air dingin atau menaikkan posisi kepala saat tidur. 

 

2. Pipi

 

Pipi juga merupakan bagian tubuh yang dapat membengkak pada masa kehamilan. Penumpukan cairan tubuh dan darah akan bertambah 50% setelah kehamilan. Untuk menghindari bengkak pada pipi, Ibu dapat mengurangi konsumsi makanan yang berlemak dan perbanyak istirahat. 

 

3. Hidung dan bibir

 

Pembengkakan pada hidung terjadi karena pembuluh darah kecil di sinus membesar dengan peningkatan volume darah dan cairan. Bahkan terkadang pembengkakan ini dapat membuat Ibu merasa sesak bahkan mimisan. Sedangkan bengkak pada bibir bisa disebabkan oleh alergi atau adanya penyakit di sekitar mulut dan gusi. Bibir ibu juga dapat menjadi bengkak jika terdapat infeksi herpes labialis. Penyakit ini memang menyerang mulut akibat adanya kontak langsung dengan penderita sebelumnya.

 

4. Gusi

 

Gusi bengkak selama masa kehamilan biasanya disebabkan oleh perubahan hormon selama kehamilan. Sehingga ada peningkatan aliran darah ke jaringan gusi yang membuatnya menjadi rentan terhadap infeksi bakteri yang menempel pada plak atau karang gigi. Faktor lain yang menyebabkan gusi ibu hamil menjadi bengkak adalah diabetes dan merokok. Untuk itu ibu hamil harus rajin kumur menggunakan air garam dan kontrol dengan dokter gigi secara rutin. 

 

5. Payudara

 

Memang sudah rahasia umum bahwa kehamilan akan membuat ukuran payudara menjadi besar atau bahkan membengkak. Kondisi ini disebabkan karena kehamilan membuat tubuh melepas hormon estrogen, progesteron, dan prolaktin. Prolaktin adalah hormon yang memicu produksi ASI sehingga ibu dapat mempersiapkan diri untuk proses menyusui. Untuk itu, penting bagi ibu hamil untuk memperhatikan kondisi payudara dengan menggunakan bra yang tepat. 

 

6. Kaki

 

Pembengkakan pada kaki terjadi akibat pembuluh darah besar di pangkal paha menerima tekanan dari bayi dalam kandungan. Untuk mencegah bengkak pada kaki yang lebih parah, Anda dapat mengonsumsi apel atau bawang putih. Anda juga bisa meminta bantuan suami untuk memberikan pijatan lembut. 

 

Bengkak selama kehamilan sebenarnya dapat menghilang setelah terjadi proses persalinan. Tetapi memang pada beberapa kasus, bengkak baru dapat hilang secara bertahap 3 bulan pasca persalinan. Perlu Anda tahu juga, hilangnya bengkak juga tergantung pada bertambahnya berat badan ibu selama hamil, dan dipengaruhi oleh aktivitas fisik pasca melahirkan. 

 

 

 

 

 

 

Walaupun harus mengalami kenaikan berat badan dan bengkak, tetap saja pemenuhan nutrisi ibu dan janin merupakan hal utama. Untuk itu, ibu hamil harus mengonsumsi makanan bergizi dan Prenagen Mommy. Formula PrenaPro akan menjaga stamina ibu agar lebih fit selama masa kehamilan. Anda bisa membeli nutrisi ibu hamil, suplemen & susu hamil Prenagen Mommy di KALBE Store, toko yang menjual susu & nutrisi ibu hamil & menyusui online terbaik.

 

 

Salam,

 

KALBE Store

 

Sumber:

 

ayahbunda.co.id

popmama.com