Cara Mudah Turunkan Gula Darah


Cara Mudah Turunkan Gula Darah

Cara Mudah Turunkan Gula Darah

Bagi penderita diabetes, penting sekali mengetahui cara untuk turunkan gula darah. Gula darah yang terkontrol tentu dapat membuat para penderita diabetes bisa menjalani aktivitas dengan lebih tenang dan nyaman. Namun, pertama-tama kita harus mengetahui apakah yang menyebabkan tingginya gula darah, sehingga kita dapat menurunkannya dengan cara yang tepat. Biasanya, gula darah meninggi karena dipicu oleh beberapa hal, termasuk makanan yang mengandung kalori tinggi, kebiasaan yang kurang aktif seperti kurang berolahraga, lupa mengkonsumsi obat diabetes (bagi penderita), atau sebagai imbas dari penyakit lain, maupun stress.

 

Insulin tentunya menjadi cara cepat untuk menurunkan gula darah. Namun, tentunya ini memerlukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Untuk menurunkan kadar gula darah dengan cepat, kita bisa mulai dengan aktivitas fisik yang menyebabkan sel-sel otot mengambil banyak glukosa darah, seperti olahraga. Memang, olahraga teratur direkomendasikan oleh para peneliti sebagai salah satu cara terbaik untuk turunkan gula darah.

 

Selain itu, Anda pun perlu memperhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuh. Konsumsi makanan dan minuman tertentu dapat membantu mengontrol kadar gula darah dengan lebih baik. Berikut ini kami sampaikan daftarnya untuk Anda:

 

– Havermut atau oatmeal tanpa pemanis tambahan. American Dietic Association menyatakan bahwa, karbohidrat yang terkandung dalam oatmeal adalah karbohidrat yang sangat baik, karena tinggi serat larut yang lebih lambat dicerna, dan dapat mengontrol gula darah. Selain itu, bisa juga membantu membuat kita merasa kenyang lebih lama, sehingga baik bagi penderita diabetes tipe 2 yang kebanyakan disebabkan oleh obesitas.

 

– Sayuran yang tidak mengandung banyak pati atau karbohidrat, seperti brokoli dan bayam, serta biji-bijian, juga baik untuk penderita diabetes, karena kaya serat dan rendah kandungan karbohidrat. Buah-buahan, seperti stroberi, semangka, apel hijau, dan blueberry juga baik untuk membantu menurunkan tekanan darah. Para peneliti menemukan bahwa, diet vegan rendah lemak juga membantu penderita diabetes untuk mengontrol kadar glukosa darahnya.

 

Peneliti dari University of Hanover di Jerman menunjukkan bahwa, rempah-rempah adalah asupan baik bagi penderita diabetes. Kayu manis, misalnya, dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah jika dikonsumsi setiap hari selama periode waktu sama seperti bawang putih dan ginseng.

 

– Salmon dan daging tanpa lemak juga baik. Salmon terutama, merupakan pilihan yang baik karena mengandung omega-3 dan asam lemak sehat bagi jantung. Sementara itu, daging tanpa lemak merupakan sumber kronium yang memungkinkan insulin berfungsi dengan lebih baik.

 

– Minum lebih banyak air juga diyakini dapat membantu tubuh mengurangi glukosa dalam darah.

 

 

Ternyata, tidak sulit untuk turunkan gula darah, ya? Saatnya kita buktikan.

 

 

 

Salam,

KALBE Store