Cara Mudah Terapkan Pola Makan Sehat

Cara Mudah Terapkan Pola Makan Sehat

Makanan yang bernutrisi sangat penting bagi tubuh, apalagi di masa pandemi ini. Sehingga diperlukan penerapan pola makan yang sehat. Makanan dan minuman yang Anda konsumsi akan mempengaruhi kemampuan tubuh dalam mencegah berbagai penyakit. Makanan yang bernutrisi juga bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh dan melawan berbagai macam virus.

 

Cara Mudah Terapkan Pola Makan Sehat Dengan Biji Chia H2 Health and Happiness

 

Orang-orang yang menerapkan pola makan bergizi seimbang cenderung lebih sehat karena memiliki sistem imun lebih kuat. Mereka pun mempunyai risiko lebih rendah untuk tertular penyakit. Itulah sebabnya, Anda perlu memperbanyak konsumsi makanan bergizi, untuk memperoleh vitamin, mineral, serta nutrisi penting lainnya. Namun, bagaimana cara menerapkan pola makan sehat?

Menurut dr. M. Dejandra Rasnaya, asupan nutrisi yang tepat bisa didapatkan dengan pola makan gizi seimbang, yakni terpenuhinya kebutuhan makronutrien dan mikronutrien. Makronutrien merupakan zat gizi makro yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang besar, terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak. Sementara mikronutrien adalah zat gizi mikro yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah lebih sedikit, yakni vitamin dan mineral. Salah satunya dengan program “Isi Piringku”. “Isi Piringku” merupakan program untuk menjelaskan bagaimana porsi makan yang tepat. Program ini juga ditujukan untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang masyarakat Indonesia.

Untuk diketahui, “Isi Piringku” merupakan kampanye Kementerian Kesehatan tentang acuan sajian sekali makan yang dikampanyekan sejak tahun 2017. “Isi Piringku” menggantikan Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS) yang sebelumnya sudah dikeluarkan tahun 1995. Jika bicarakan mengenai pola makan dahulu, kampanye gizi dikenal dengan “4 sehat 5 sempurna”. Namun, dengan berkembangnya zaman, slogan yang dikampanyekan sejak tahun 1950-an tersebut dianggap hanya mementingkan kandungan nutrisi tanpa memperhatikan keseimbangan jumlahnya. 

Saat itulah, banyak para ahli yang sepakat bahwa yang paling sehat dan aman adalah program lengkap bergizi seimbang “Isi Piringku”. Namun apa saja panduan gizi seimbang dalam program tersebut? Berikut panduan gizi seimbang dalam program “Isi Piringku”.

 

1. Makanan Pokok

Dari porsi “Isi Piringku”, makanan pokok berisi 2/3 bagian. Makanan pokok berisi  karbohidrat sebagai sumber tenaga utama untuk beraktivitas. Sumber karbohidrat yang bisa dipilih adalah nasi merah, kentang, sagu, ubi jalar, jagung, singkong, gandum, mi, bihun, dan sebagainya.

 

2. Lauk pauk

Lauk-pauk ditempatkan 1/3 bagian dari piring. Karena lauk-pauk merupakan sumber protein, baik hewani maupun nabati. Protein hewani meliputi aneka ikan, daging, atau olahan susu, sedangkan protein nabati meliputi tahu, tempe, dan kacang-kacangan. Namun disarankan untuk konsumsi daging merah atau daging olahan secukupnya seperti sosis, kornet, bacon, dan sebagainya. Alasannya, daging merah serta daging olahan jika dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan kolesterol serta peradangan pada saraf otak.

 

3. Sayur dan buah

Kalau setengah porsi piring sudah terisi dengan karbohidrat dan lauk-pauk, penuhi setengahnya dengan sayur dan buah. Anda bisa mengonsumsi sayur dengan mengisi 2/3 piring secara mentah. Bisa dikonsumsi secara tumis, kukus, atau rebus. Sayuran seperti kangkung, bayam, brokoli, buncis, terung, wortel, paprika, dan sayuran lainnya bisa dijadikan sumber serat, vitamin A, C, dan mineral seperti zat besi, fosfor, begitu juga antioksidan. Untuk mengonsumsi buah, Isi 1/3 bagian piring yang tersisa dengan buah seperti pisang, semangka, melon, jeruk, apel, mangga, kiwi, stroberi, dan lainnya. 

Menurut data dari Badan Pusat Statistik, konsumsi sayur masyarakat Indonesia tergolong rendah, yaitu hanya 180 gram setiap harinya. Padahal, jumlah yang disarankan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) adalah 400 gram. Tingkat konsumsi masyarakat terhadap buah masih sangat rendah. Padahal, baik buah maupun sayur sangat penting untuk melengkapi kebutuhan serat, air, vitamin, mineral. Konsumsi sayur dan buah secara cukup setiap harinya dapat mencegah berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

 

Selain panduan di atas, lengkapi dengan sedikit minyak sehat seperti minyak zaitun, minyak jagung, atau minyak kanola. Hindari minyak kelapa atau minyak lainnya yang mengandung lemak jenuh atau kolesterol tinggi. Tidak hanya itu, cukupi juga kebutuhan cairan setiap airnya dengan minum air putih secara cukup, setidaknya 2 liter atau 8 gelas setiap hari. Konsumsi susu sebanyak 1-2 gelas per hari dan hindari minuman dengan pemanis tambahan.

 

 

 

Agar tubuh tetap sehat, Anda juga bisa menambahkan Biji Chia H2 Health and Happiness ke dalam makanan serta minuman. Karena biji chia dipercaya dapat menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan jantung, tulang dan gigi. Selain itu biji chia juga dipercaya dapat mencegah kanker dan kesehatan kulit. Anda bisa membeli biji chia H2 Health & Happiness di sini. Karena KALCare Menjual Makanan dan Minuman Terbaik Online.

 

 

Salam,

 

KALCare

 

Sumber:

Klikdokter.com