Cara Mudah Cegah Kolesterol Meninggi

Cara Mudah Cegah Kolesterol Meninggi

Untuk mencegah kolesterol tinggi, Anda bisa mulai mengubah gaya hidup Anda sehari-hari. Sebab, hanya dengan bermodalkan perubahan gaya hidup, maka kesehatan tubuh, khususnya jantung, bisa lebih terjaga. Berikut adalah panduan yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kolesterol sebelum dampak lebih buruk terjadi pada tubuh Anda.

 

Mengurangi kadar lemak di area perut sebanyak 10% bisa memangkas 10% kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Selain itu, kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan juga bisa lebih meningkat, mengingat lemak di area perut memiliki implikasi yang berbahaya bagi jantung, karena dalam mempengaruhi peningkatan kolesterol jahat dalam darah.

 

Sebaiknya, Anda mulai mengurangi jam tidur siang Anda, dan menambahkan jam tidur malam Anda, karena seseorang yang tidur selama 8 jam setiap malam memiliki kadar kolesterol menyeluruh yang lebih rendah, dibandingkan sebayanya yang hanya tidur selama 6 jam. Selain itu, seseorang yang tidur siang selama lebih dari 30 menit juga diyakini akan memiliki kadar kolesterol yang lebih tinggi.

 

Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang mengandung serat, karena serat dapat memangkas kolesterol jahat dalam darah secara cukup signifikan. Sumber makanan yang kaya akan serat antara lain adalah roti gandum, oat, brokoli, pisang, apel dan pir.

 

Mengonsumsi ikan dapat membantu mengurangi kolesterol dan memperlambat pertumbuhan plak di arteri. Selain itu, kebiasaan ini juga dapat menurunkan kadar trigliserida, sejenis lemak dalam darah yang terkait dengan penyakit jantung.

 

Buat tubuh Anda lebih aktif bergerak atau berolahraga secara teratur, agar dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sebanyak 5% di dalam tubuh. Pilihlah aktivitas yang dapat meningkatkan detak jantung, seperti jogging, berenang atau berkebun.

 

Penelitian dari Harvard School of Public Health menyatakan bahwa, melewatkan sarapan dapat meningkatkan resiko serangan jantung hingga sepertiganya. Jadi, sebaiknya Anda sarapan dengan menu sehat, seperti bubur gandum yang mampu mencegah kolesterol jahat diserap tubuh dan membantu sistem pencernaan.

 

Meskipun aktivitas Anda padat, namun tetap Anda harus mengurangi stress yang dapat meningkatkan tekanan darah, dan meningkatkan resiko aterosklerosis akibat plak yang menumpuk di arteri. Sebaiknya, Anda melakukan relaksasi atau kegiatan yang dapat membuat Anda rileks, ketika stress mulai menyerang.

 

Lakukan kegiatan di atas secara teratur dalam kehidupan sehari-hari. Dengan melakukan gaya hidup sehat yang konsisten, dapat mencegah kolesterol meninggi, dan membantu menjaga kesehatan tubuh Anda secara menyeluruh, lho.

 

 

 

Salam

KALBE e-Store