Cara Mudah Atasi Mata Lelah (Bagian 2)


Cara Mudah Atasi Mata Lelah (Bagian 2)

Cara Mudah Atasi Mata Lelah (Bagian 2)

Anda pekerja kantoran yang sering mengalami gejala mata lelah? Lakukan beberapa tips sederhana berikut agar mata tetap sehat dan bebas gangguan.

 

1) Cek lighting atau pencahayaan pada ruangan kerja Anda. Kontras cahaya yang terlalu tinggi akan membuat mata lebih tegang. Oleh karena itu, apapun aktivitas Anda, seperti menggunakan komputer atau membaca dokumen, pastikan lampu dan pencahayaan ruangan memiliki kontras yang baik dan merata, agar mata tidak lekas capek.

 

2) Bila Anda aktif menggunakan komputer/laptop hingga lebih dari 3 jam sehari, aturlah jarak antara mata dengan layar agar tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh. Jarak sejauh 50-100 cm merupakan jarak yang ideal untuk mata Anda, dengan posisi sedikit di bawah mata.

 

3) Atur cahaya layar pada komputer/laptop sesuai dengan kenyamanan mata Anda, tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap. Bila perlu, gunakan glare filter pada monitor komputer agar mata tetap nyaman.

 

4) Bersihkan layar komputer/laptop secara berkala, agar debu-debu tidak menempel di sana. Debu yang menempel di layar komputer bisa menjadi sarang kuman, dan merusak kontras atau cahaya yang keluar dari layar komputer, sehingga menyebabkan mata lelah.

 

5) Gunakan metode 20:20:20, yakni mengalihkan pandangan dari layar komputer setiap 20 menit sekali, lalu fokuskan pandangan ke  arah objek lain sejauh 20 kaki dari Anda selama 20 detik. Ini merupakan latihan untuk mengubah fokus mata Anda, agar otot-otot mata tak mudah tegang.

 

6) Jangan pelit untuk berkedip. Faktanya, berkedip bisa membantu mengatasi mata lelah. Saat mata fokus ke layar komputer, kita cenderung untuk lebih jarang berkedip sehingga mata menjadi tegang dan capek. Dengan berkedip, mata akan memproduksi cairan air mata yang dapat menghidrasi dan menyegarkan mata. Selain rajin berkedip, Anda juga dapat menggunakan obat tetes mata agar menghindarkan mata dari kekeringan.

 

7) Luangkan diri sejenak untuk beristirahat setiap Anda merasa mata mulai lelah. Lakukan stretching atau relaksasi sejenak dengan mematikan layar komputer dan memejamkan mata. Bila perlu, kompreslah mata selama beberapa menit dengan kantung teh celup yang lembab agar terasa lebih segar. Jangan ragu untuk menguap saat beristirahat. Sama halnya dengan berkedip,  proses menguap menghasilkan air mata yang baik untuk kelembaban mata Anda.

 

 

 

Salam,

KALBE Store