Cara Menurunkan Darah Tinggi Secara Alami

Cara Menurunkan Darah Tinggi Secara Alami

Pemeriksaan tekanan darah penting untuk dilakukan secara rutin. Hal ini dilakukan untuk mencegah tekanan darah tinggi yang dapat menjadi ancaman serius bagi kesehatan Anda. Tekanan darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan penyakit lain seperti jantung koroner, stroke, dan gagal ginjal.

 

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan kondisi kronis di mana tekanan darah pada dinding arteri meningkat. Tekanan darah tinggi biasanya disebabkan oleh faktor gaya hidup atau keturunan. Untuk itu Anda perlu tahu bahwa pada orang dewasa tekanan darah dikatakan normal pada angka sekitar 120/80 mmHg. Tekanan darah yang lebih dari 140/80 mmHg sudah dikategorikan tinggi. Sedangkan tekanan darah rendah berada di bawah 90/60 mmHg.

 

 

 

cegah hipertensi dengan cara alami

 

 

 

Agar terhindar dari hipertensi, Anda perlu melakukan upaya agar tekanan darah tetap pada batas normal. Nah, berikut ini adalah cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi secara alami. Anda mau tau apa saja caranya? Yuk silakan disimak di bawah ini.

 

1. Olahraga teratur

 

Menurut studi di berbagai negara, olahraga secara teratur dapat menurunkan tekanan darah secara alami. Setidaknya Anda perlu melakukan olahraga selama 30 menit setiap hari, minimal 3 kali dalam seminggu. Selain dapat menurunkan darah tinggi, olahraga juga dapat membantu jantung menggunakan oksigen lebih efisien sehingga tidak harus bekerja keras dalam memompa darah.

 

Bentuk olahraga yang dapat Anda lakukan di antaranya: jalan, jogging, bersepada, berenang, atau menari. Jika fisik Anda sudah lebih kuat, Anda dapat meningkatkan durasi serta frekuensi olahraga agar lebih baik. Sehingga olahraga yang Anda lakukan juga bisa membantu dalam menjaga berat badan karena bobot tubuh juga berpengaruh terhadap tekanan darah.

 

2. Menjaga pola makan

 

Agar tekanan darah tetap normal, Anda disarankan untuk mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan potasium. Sebab potasium mampu membawa keluar natrium yang berlebih melalui air seni. Anda bisa mendapatkan potasium dengan megonsumsi pisang, kentang, blewah, melon, kacang merah, plum, dan kacang polong.

 

Anda juga perlu membatasi penggunaan garam dalam makanan, sebab mengandung natrium tinggi. Berdasarkan rekomendasi American Heart Association, seseorang perlu menjaga asupan natrium di bawah 1.500 mg. Anda juga perlu berhati-hati dalam mengonsumsi makanan berupa daging olahan, roti lapis, dan junk food karena mengandung garam yang tinggi.

 

3. Berhenti merokok

 

Merokok dalam jangka yang panjang membuat tubuh terpapar zat kimia yang merusak dinding pembuluh darah. Akibatnya pembuluh darah akan meradang bahkan mengeras sehingga menghambat aliran darah. Zat kimia dalam rokok tidak hanya berbahaya bagi perokok aktif, tetapi juga pada perokok pasif. Maka dariĀ  itu penting bagi Anda untuk berhenti merokok. Sedangkan bagi Anda yang tidak merokok, hindari paparan asap rokok dengan memilih area umum yang bebas asap rokok.

 

4. Istirahat cukup

 

Sebuah penelitian mendapatkan bahwa bekerja lebih dari 41 jam per minggu di kantor mampu meningkatkan risiko hipertensi sebesar 17%. Kenaikan tekanan darah umumnya terjadi akibat bekerja lembur yang membuat Anda lebih sulit untuk berolahraga dan makan sehat. Untuk itu ahli medis menyarankan agar Anda memenuhi waktu istirahat sekitar 7-9 jam sehari. Dengan durasi tidur yang sesuai, Anda dapat menstabilkan tekanan darah, mengurangi stres, dan peningkatan berat badan yang drastis.

 

5. Latihan pernapasan

 

Ketika Anda mengalami stres dan tegang, tubuh akan melepaskan hormon kortisol dan adrenalin ke dalam darah. Kedua hormon tersebut akan meningkatkan detak jantung dan menyempitkan pembuluh darah sehingga menyebabkan tekanan darah tinggi. Metode alami untuk menjaga hormon stres dan tekanan darah adalah dengan melatih pernapasan. Anda dapat melakukan latihan pernapasan selama 5 menit di pagi hari dan 5 menit di malam hari agar tubuh tetap sehat.

 

6. H2 Celery

 

 

 

atasi tekanan darah tinggi dengan H2 Celery

 

 

 

H2 Celery merupakan suplemen yang terbuat dari ekstrak herba seledri. Seledri merupakan tanaman alami yang memiliki kandungan apigenin di dalamnya. Apigenin adalah kandungan yang efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Anda dapat mengonsumsi H2 Celery 1 kali sehari 1-2 kapsul untuk mengatasi hipertensi.

 

Itulah cara-cara alami untuk menurunkan darah tinggi. Yuk langsung saja diterapkan 5 cara menurunkan darah tinggi dan order H2 Celery di sini!

 

Salam,

 

KALBE Store

 

 

 

 

Sumber:

Klikdokter.com (1), (2)