Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan agar Tetap Produktif

Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan agar Tetap Produktif

Banyaknya aktivitas terkadang membuat Anda lupa untuk memperhatikan asupan makanan. Sehingga perut Anda terasa sakit, kembung, mulas, bahkan mengalami sembelit. Walaupun kerap kali mengalami, tidak sedikit orang-orang yang menganggap hal-hal tersebut sepele lho! Duh, buat Anda yang berpikiran seperti itu, jangan lagi deh ya.

 

Kenapa jangan menyepelekan sakit perut, mulas, dan kembung? Soalnya, semua penyakit tersebut merupakan pertanda bahwa saluran pencernaan Anda terganggu. Padahal, saluran cerna memiliki peran penting dalam memecah makanan sehingga Anda bisa mendapatkan nutrisi dan vitamin, dan sisa limbahnya dibuang. Selain itu sistem pencernaan juga memastikan keberlangsungan fungsi tubuh melalui penyebaran nutrisi. Sehingga jika sering timbul masalah kesehatan pada pencernaan tidak hanya aktivitas Anda saja yang terganggu, tetapi juga berbahaya bagi kesehatan.

 

 

 

sakit perut bisa menjadi tanda masalah pada pencernaan

 

 

 

Sebenarnya menjaga kesehatan pencernaan juga tidak serumit menjaga kesehatan organ tubuh lainnya. Bahkan cara-caranya malah relatif lebih mudah karena yang utama adalah menerapkan pola makan teratur. Pola makan yang teratur perlu dilakukan setiap hari agar kerja asam lambung tidak terganggu dalam mencerna makanan. Jika kekosongan makanan, kadar asam lambung akan terus bertambah dan berpotensi melukai lambung. Nah, maka dari itu, Anda perlu menerapkan hal-hal berikut ini untuk menjaga kesehatan pencernaan.

 

1. Perbanyak serat

 

Bukan suatu rahasia lagi kalau serat memiliki manfaat yang baik untuk pencernaan. Namun sayangnya, kesadaran akan pemenuhan serat pada masyarakat Indonesia masih cukup rendah. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013, 93.5% penduduk Indonesia di atas 10 tahun kurang makan sayur dan buah. Padahal kekurangan serat dapat menyebabkan sembelit dan meningkatkan risiko kanker usus besar.

Ada dua jenis serat yang diperlukan oleh tubuh, yaitu serat larut dan serat tidak larut. Serat larut didapatkan melalui kacang-kacangan, tanaman hijau, dan buah-buahan. Sedangkan serat tidak larut terdapat pada gandum, beras merah, beras hitam, dan kulit buah. Pemenuhan kedua jenis serat ini penting bagi kesehatan pencernaan Anda.

 

2. Tetap terhidrasi

 

Air mineral juga memiliki peran yang penting dalam proses pencernaan. Sebab air dapat melarutkan nutrisi agar mudah terserap oleh tubuh. Kekurangan asupan cairan adalah penyebab umum sembelit. Maka dari itu, para ahli merekomendasikan untuk meminum air sebanyak 1,5-2 liter per hari. Jumlah ini bisa bertambah jika Anda tinggal pada daerah dengan iklim tropis atau melakukan olahraga. Memenuhi cairan juga bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi sayur dan buah yang kaya akan air, seperti timun, zukini, seledri, tomat, jeruk, dan persik.

 

3. Kunyah makanan dengan baik

 

Gigi juga memiliki tugas untuk menjaga kesehatan dengan memecah makanan menjadi potongan-potongan kecil. Sehingga enzim di saluran pencernaan mampu membuat makanan menjadi pecahan yang lebih kecil lagi. Untuk itu, Anda dianjurkan mengunyah makanan tidak terlalu cepat. Semakin lama Anda mengunyah, maka air liur yang terproduksi akan semakin banyak. Air liur inilah yang membantu memecah beberapa karbohidrat dan lemak dalam makanan, serta memperlancar makanan untuk masuk ke usus.

 

4. Mengonsumsi Synbio

 

 

 

jaga kesehatan pencernaan dengan Synbio

 

 

 

Suplemen pencernaan Synbio juga dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan pencernaan karena mengandung probiotik dan prebiotik. Probiotik Lactobacillus acidophilus dan Bifidobacterium longum dalam Synbio berfungsi untuk memengaruhi proses fermentasi nutrisi dalam usus besar, serta pengaturan sistem imun tubuh. Sedangkan prebiotik FOS (Fructooligosaccharide) mampu meningkatkan bakteri baik sehingga menurunkan pertumbuhan bakteri patogen dalam tubuh.

 

5. Mengelola stres dan menghindari kebiasaan buruk

 

Mengalami stres juga memberi pengaruh terhadap kesehatan pencernaan, sehingga muncul masalah tukak lambung, diare, sembelit, hingga sindrom iritasi usus besar. Untuk itu Anda perlu mengelola stres ya! Selain itu, merokok, banyak minum alkohol, makan tengah malam, dan kebiasaan buruk lainnya juga dapat merusak pencernaan Anda. Berdasarkan penelitian, alkohol dapat meningkatkan produksi asam di perut yang dapat menyebabkan heartburn dan refluks asam lambung. Begitu juga dengan makan tengah malam yang menyebabkan heartburn dan dispepsia.

 

Yuk lakukan kelima cara di atas agar pencernaan Anda senantiasa sehat. Usahakan juga selalu menjaga kadar asam lambung dengan mengurangi kopi, makanan asam dan pedas. Ingat juga untuk rajin berolahraga dan mengonsumsi Synbio yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di sini!

 

Salam,

 

KALBE Store

 

 

 

 

 

Sumber:

Klikdokter.com (1), (2)