Cara Meningkatkan Produksi ASI Berkualitas


Cara Meningkatkan Produksi ASI Berkualitas

Cara Meningkatkan Produksi ASI Berkualitas

Air Susu Ibu (ASI) adalah sumber makanan dengan gizi lengkap untuk bayi pada usia di bawah 6 bulan. Pemberian ASI eksklusif dapat membantu tumbuh kembang bayi optimal dan daya tahan tubuhnya lebih kuat.

 

Untuk menjadikan bayi sehat, tentulah kualitas ASI harus baik. Produksi ASI pada Sang Bunda sangat dipengaruhi oleh kondisi psikologis, asupan, dan kesehatan. Maka dari itu, Bunda harus selalu menjaga ketiga hal tersebut agar ASI keluar dengan lancar.

 

Ingin bayi Anda lulus ASI Eksklusif? Inilah cara meningkatkan produksi ASI yang berkualitas!

 

1. Bahagia

Tidak bisa dipungkiri kalau rasa bahagia itu akan meningkatkan hormon oksitosin yang berfungsi penting dalam mengeluarkan ASI. Salah satu cara bahagia adalah dengan bonding time bersama bayi Anda. Sisakan waktu setiap pagi atau malam sebelum tidur untuk memijat bayi dan mengajaknya mengobrol. Ini bisa jadi cara untuk memunculkan rasa bahagia setiap harinya.

 

2. Banyak Minum Air Mineral

Saat menyusui, kebanyakan dari para Bunda akan sering merasa haus. Nah, pastikan kebutuhan air mineral Bunda terpenuhi! Biasanya Bunda membutuhkan lebih banyak air mineral daripada biasanya. Agar tidak merepotkan, selalu sediakan 1 liter air mineral di samping tempat tidur Anda. Minum air sebelum dan setelah menyusui akan menjaga kondisi tubuh dan membantu melancarkan produksi ASI.

 

3. Atur Pola Makan Gizi Seimbang

Pola makan dengan gizi seimbang sangatlah penting untuk Sang Bunda dalam masa menyusui. Karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral haruslah terpenuhi tiap hari. Paket lengkap dari menu makanan mampu membuat Bunda menghasilkan ASI yang berkualitas.

 

4. Menyusui Langsung atau Pompa Sesering Mungkin

Cobalah untuk selalu menyusui langsung saat Bunda bersama bayi. Menyusui langsung akan lebih merangsang payudara untuk menghasilkan ASI lebih banyak dan berkualitas. Bila Bunda adalah ibu bekerja, pompa sesering mungkin atau maksimal 3 jam sekali. Dengan kegiatan memompa, kuantitas ASI secara otomatis akan bertambah.

 

 

Salam

KALBE Store