5 Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak

5 Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Kehilangan nafsu makan sering dialami oleh anak-anak, terutama bila makanan yang disajikan tidak sesuai dengan selera anak. Anak yang sering mengalami penurunan nafsu makan tentu akan malas makan, jika anak malas makan maka kebutuhan asupan nutrisi perharinya pun juga tidak akan tercukupi.

 

Sebagai orangtua, tentu Anda menginginkan anak memiliki nafsu makan tinggi dan lahap dalam menyantap makanan. namun bagaimana jika anak tidak memiliki nafsu makan?

 

Berikut tips yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan nafsu makan anak.

 

Ajak anak untuk membuat makanannya sendiri

Melibatkan anak dalam proses memasak atau mengolah makanan dapat meningkatkan nafsu makan anak. Libatkan anak saat berbelanja bahan makanan sehingga Anda mengetahui jenis bahan makanan apa saja yang menjadi favorit anak. Saat memasak makanan, Anda juga dapat menjelaskan kandungan dan manfaat dari sebuah bahan makanan sehingga akhirnya anak mau mengonsumsi makanan tertentu.

 

Variasikan menu

Menurunnya nafsu makan anak dapat disebabkan karena anak bosan dengan menu yang disajikan. Untuk meningkatkan nafsu makan anak, ganti menu makanan setiap hari. Selain menghindarkan anak dari rasa bosan terhadap suatu menu, Anda juga dapat mencukupi kebutuhan nutrisi anak dari beragam sayur dan buah-buahan lainnya.

 

Buat tampilan makanan yang menarik

Selain memvariasikan jenis makanan, Anda juga harus membuat tampilan makanan menjadi lebih menarik, misalnya membentuk lauk dan sayur sesuai dengan hewan favorit anak. Membuat tampilan yang menarik pada makanan dapat menarik rasa penasaran anak dan membuat kegiatan makan menjadi tidak membosankan.

 

Kurangi snack sebelum jam makan

Salah satu penyebab nafsu makan anak turun yakni konsumsi snack. Jangan berikan snack kepada anak 30 menit sebelum makan. Jika Anda memberikan snack pada waktu tersebut maka nafsu makan anak dapat berkurang karena sudah kenyang.

 

Lengkapi dengan susu formula

Nafsu makan yang rendah menyebabkan anak susah makan sehingga kebutuhan nutrisi sehari-harinya pun tidak tercukupi. Agar kebutuhan nutrisi anak tercukupi, lengkapi dengan susu formula. Saat ini sudah terdapat susu formula yang dapat meningkatkan nafsu makan anak sekaligus meningkatkan sistem imun dalam tubuh anak. Sehingga kebutuhan nutrisi anak tercukupi dan anak tidak mudah sakit.

 

 

Salam,

KALBE Store