Cara Meningkatkan Imunitas Lansia


Cara Meningkatkan Imunitas Lansia

Cara Meningkatkan Imunitas Lansia

Seiring bertambahnya usia, sistem kekebalan tubuh cenderung turun dan melemah. Sehingga tubuh menjadi kurang tanggap dalam melawan infeksi yang masuk. Inilah yang membuat lansia masuk sebagai golongan masyarakat yang rentan terhadap virus, termasuk covid-19.

 

ketahui cara meningkatkan imunitas tubuh lansia selama pandemi

 

Sebagai contoh, seorang lansia yang berusia 65 tahun ke atas jika terkena flu dapat memiliki risiko komplikasi yang lebih besar. Komplikasi dapat berupa infeksi pada telinga, sinus, bronkitis, pneumonia, kegagalan organ tubuh, bahkan kematian. Untuk itu, penting sekali melakukan upaya meningkatkan imunitas tubuh bagi lansia agar terhindar virus dan bakteri yang menyebabkan penyakit.

 

1. Melakukan aktivitas yang mendukung hidup sehat

Dalam menjaga daya tahan tubuh, lansia perlu melakukan aktivitas-aktivitas yang mendukung kesehatan. Dimulai dari aktif bergerak untuk mendapat tubuh yang kuat. Rekomendasi aktivitas fisik yang baik dan aman bagi lansia di antaranya berjalan, yoga, atau tai chi. Aktivitas fisik tersebut tidak hanya meningkatkan imunitas, tetapi juga melancarkan sirkulasi darah, memberi efek anti-inflamasi, serta menjaga kesehatan mental.

 

Selain itu, sama seperti yang lainnya lansia harus rajin mencuci tangan dengan sabun. Berikut dengan orang yang merawat lansia juga harus rutin mencuci tangan. Terutama pada saat menyiapkan makanan, mengobati luka, dan mengganti popok pada lansia. Lalu segera berhenti merokok, karena dapat mengganggu sistem imunitas saluran napas dan meningkatkan risiko penyakit komorbid atau penyakit peserta.

 

2. Mengonsumsi makanan yang sehat

Mengonsumsi makanan sehat merupakan upaya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus. Semakin bertambahnya usia, kebutuhan nutrisi dan kebiasaan makan dapat berubah karena berbagai alasan. Sehingga besar kemungkinan lansia mengalami kekurangan nutrisi penting seperti serat, protein, kalsium, vitamin, dan kalium. Maka berikan lansia sayur hijau, buah, telur, tempe, tahu, ubi, hati sapi, daging tanpa lemak, dan lainnya. Tambah juga Entrasol Senior karena mengandung protein yang tinggi dan nutrisi yang lengkap sehingga dapat dijadikan sebagai pengganti makanan utama agar tetap sehat dan aktif.

 

minum Entrasol Senior untuk bantu jaga daya tahan tubuh

 

3. Vaksin

Lansia perlu melakukan vaksin setiap tahun untuk mencegah flu musiman dan mengurangi potensi penyakit terkait flu. Diperlukan waktu hingga dua minggu untuk vaksin flu agar menjadi efektif. Vaksin flu akan bekerja dengan merangsang sistem kekebalan tubuh untuk menciptakan antibodi yang dapat membantu melindungi lansia dari infeksi. Vaksin flu pada lansia memang harus diulang setiap tahun, sebab virus ini terus berevolusi.

 

4. Menghindari stres

Mental yang sehat dapat meningkatkan imunitas tubuh. Untuk itu, hindari beban pikiran yang dapat menyebabkan stres. Sebab saat stres, tubuh akan meningkatkan produksi hormon kortisol yang dapat menghambat kemampuan sistem imun untuk melawan infeksi virus penyakit dan peradangan. Ganti kebiasaan memendam banyak pikiran serta khawatir berlebih dengan kegiatan menyenangkan seperti perbanyak ibadah atau bermain bersama cucu.

 

5. Berjemur

Berjemur pada sinar matahari pagi dapat memicu otak untuk melepaskan hormon serotonin yang dapat meningkatkan suasana hati dan perasaan tenang. Selain itu, aktivitas berjemur juga membuat tubuh mendapatkan vitamin D yang memperkuat sistem kekebalan tubuh dan kesehatan tulang. Manfaatkanlah sinar matahari pagi pada pukul 7-10. Jika lewat dari jam tersebut, sinar matahari malah memberikan efek buruk bagi tubuh seperti memicu dehidrasi dan kerusakan pada mata serta kulit.

 

Itulah 5 cara untuk meningkatkan imunitas pada lansia. Silahkan terapkan 5 cara tersebut untuk menjaga orang tua yang Anda kasihi. Jangan lupa, jika Anda mencari Entrasol Senior cukup klik di sini saja ya!

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200603124658-255-509392/9-cara-meningkatkan-imunitas-untuk-lansia