Cara Mengobati Anak yang Sulit BAB

Cara Mengobati Anak yang Sulit BAB

Melihat anak sembelit tentu membuat setiap orang tua merasa sedih. Mungkin masalah ini terlihat sepele. Namun sembelit bukanlah masalah yang bisa disepelekan. Penyebabnya sendiri cukup beragam, mulai dari kurang minum, kurang makanan berserat, terlalu mengonsumsi makanan rendah gizi hingga faktor genetis. Memberinya makanan sehat atau susu formula anak memang bisa membantu mencegah sembelit. Tapi jika sudah terlanjur terkena masalah sulit BAB, tiba waktunya bagi Anda untuk menerapkan cara berikut ini.

 

Memberi Makanan Tinggi Serat

Tidak ada cara yang lebih baik untuk mengatasi sembelit selain dengan memperbaiki penyebabnya. Salah satunya adalah dengan memberi si kecil makanan berserat. Jika si kecil sudah bisa menerima MPASI, Anda bisa memberinya makanan yang lebih berserat seperti sereal, roti gandum, buah dan sayuran. Untuk melengkapi kebutuhan gizi anak, tambahkan juga susu formula anak.

 

Penuhi Kebutuhan Cairan Harian

Secara umum manusia membutuhkan air putih sebanyak kurang lebih 8 gelas setiap hari. Begitu juga dengan anak-anak. Karena itu, ajarkan kepada si kecil agar ia rajin minum air putih. Ajarkan kepadanya apa saja manfaat air putih bagi tubuh dan risikonya jika sampai kekurangan cairan. Jika Anda bisa mendidiknya secara konsisten, kebiasaan ini akan terbentuk pada si kecil.

 

Ajak Si Kecil Berolahraga

Masalah sembelit atau sulit BAB tidak hanya berkaitan dengan makanan saja. Aktivitasnya juga turut mempengaruhi gangguan kesehatan yang satu ini. Karenanya, cobalah untuk mengajak si kecil berolahraga. Mulai dari olahraga berbentuk permainan yang ia suka. Misalnya saja sepak bola, basket, badminton, lari atau berenang. Intinya, buat si kecil merasa kalau aktivitas olahraga itu menyenangkan.

 

 

Menunda-nunda waktu ke toilet untuk BAB sebenarnya juga menjadi salah satu penyebab sembelit. Mengajarkan si kecil untuk pergi ke toilet saat merasa ingin BAB tentu bisa menjadi pendidikan yang baik sekaligus upaya mencegah sembelit agar tidak datang kembali. Selain itu, orang tua juga harus selalu memperhatikan asupan makanan sang buah hati. Memberi makanan sehat dan susu formula anak bisa sangat membantu untuk menjaga kesehatannya. Namun saat berbicara tentang susu formula apa yang sebaiknya dipilih, Anda bisa mempertimbangkan Susu Morinaga.

 

 

 

Salam,

KALBE Store