Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Permasalahan kulit yang cukup mengganggu penampilan selain jerawat adalah komedo. Tidak heran jika Anda mencari cara untuk menghilangkan komedo secara alami.

Penyebab munculnya komedo

 

Komedo merupakan gumpalan massa sebum atau minyak berlebih yang muncul sebagai bintik hitam atau putih pada wajah, leher, punggung, dada, lengan, atau bahu. Umumnya memang komedo muncul pada wajah terutama hidung. 

cara menghilangkan komedo secara alami

Ada 2 penyebab munculnya komedo, di antaranya:

1. Pori-pori yang tersumbat

Komedo dapat terbentuk ketika pori-pori tersumbat oleh sel kulit mati dan gumpalan minyak berlebih yang muncul dari kelenjar sebaceous. Produksi minyak yang berlebih terjadi karena polusi, kelembapan udara, serta udara panas yang merangsang kelenjar minyak menjadi lebih aktif sehingga muncul komedo. 

 

2. Perubahan hormon

Penyebab muncul komedo selanjutnya adalah perubahan hormon. Perubahan hormon dapat meningkatkan produksi sebum oleh kelenjar minyak sehingga memicu pembentukan komedo. 

Beberapa penyebab perubahan hormon seperti masa pubertas, menstruasi, kehamilan, hingga penggunaan pil KB. Selain itu, perubahan hormon juga dapat terjadi akibat penggunaan kosmetik yang berlebih sehingga menghalangi pori-pori kulit Anda.

 

Jenis komedo

 

Komedo sendiri memiliki dua jenis yang berbeda, yaitu komedo putih dan komedo hitam. Komedo putih terbentuk dari minyak yang terperangkap di dalam pori-pori wajah. Komedo ini tidak terkena paparan udara, sehingga tidak mengalami perubahan warna. 

Sedangkan komedo hitam, merupakan komedo yang mengalami proses oksidasi dengan udara dari luar. Kondisi ini membuat komedo akan tampak berwarna hitam. Warna hitam merupakan hasil gabungan sel kulit mati, kotoran, bakteri, sisa make up, dan minyak wajah yang tertahan pada pori-pori. 

Komedo hitam lebih sering dikeluhkan karena warnanya akan nampak jelas dan mengganggu penampilan Anda. Sehingga tidak heran jika kebanyakan orang akan mencari cara menghilangkan komedo hitam.

Komedo putih dan komedo hitam yang terkontaminasi oleh bakteri dapat menjadi jerawat. Tetapi tidak perlu khawatir, sebab Anda akan diberitahu cara menghilangkan komedo putih dan komedo hitam secara alami.

 

5 Cara menghilangkan komedo secara alami

 

Ada beberapa cara menghilangkan komedo secara alami dan permanen. Tentu ini lebih baik daripada Anda menghilangkan komedo dengan cara mencubit atau mendorong menggunakan alat. Sebab hal ini menyebabkan risiko jaringan parut dan kerusakan kulit lain yang seharusnya tidak terjadi. 

Maka dari itu, langsung saja simak cara menghilangkan komedo berikut ini:

1. Baking soda dan air

 

baking soda untuk menghilangkan komedo

 

Bahan alami pertama yang dapat membantu menghilangkan komedo adalah campuran baking soda dan air. Baking soda dapat membantu menetralkan ketidakseimbangan pH yang dialami oleh kulit. 

Selain itu, baking soda juga berfungsi sebagai eksfoliasi untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan sel kulit mati. Anda cukup mencampurkan 2 sendok makan baking soda dan dua sendok makan air sehingga menjadi pasta. Oleskan pada wajah, pijat, kemudian bilas dengan menggunakan air hangat. Tetapi Anda disarankan tidak menggunakan bahan ini lebih dari 2-3 hari dalam seminggu, karena dapat membuat kulit menjadi kering. 

 

2. Campuran gula merah, air lemon, dan madu

 

campuran gula merah, madu, dan lemon untuk mengatasi komedo

 

Gula merah, lemon, dan madu merupakan bahan untuk eksfoliasi kulit dalam upaya menghilangkan komedo. Campurkan satu sendok makan gula merah, dua sendok makan air lemon, dan satu sendok makan madu mentah.

Oleskan bahan ke wajah Anda dengan gerakan melingkar. Pijat juga wajah selama 5 menit, lalu bilas menggunakan air. Setelah itu, gunakan pelembab pada wajah.

 

3. Tea tree oil

 

tea tree oil untuk menghilangkan komedo

 

Menurut para ahli, tea tree oil yang dioleskan pada wajah dapat membantu menghilangkan komedo. Tea tree oil memiliki manfaat untuk membunuh bakteri. Anda bisa menggunakan tea tree oil yang terdapat dalam bentuk minyak esensial, krim, ataupun sabun untuk mengatasi komedo.

 

4. Kunyit kasturi

 

kunyit untuk menghilangkan komedo

 

Kunyit memiliki sifat anti-bakteri, anti-jamur, dan anti-inflamasi sehingga dapat membantu menghilangkan komedo. Memang penggunaan kunyit dapat meninggalkan noda kuning pada wajah, tetapi tidak begitu jika Anda menggunakan kunyit kasturi. 

Untuk menghilangkan komedo, campurkan satu sendok makan kunyit kasturi dengan satu sendok air. Atau Anda bisa mengganti air menggunakan minyak kelapa hingga menjadi pasta. Oleskan pada wajah, dan diamkan selama 10-15, lalu dibilas.

 

5. Minyak kelapa dan gula

minyak kelapa dan gula untuk menghilangkan komedo

 

Bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan komedo adalah campuran minyak kelapa dan gula. Anda bisa menggunakan pada wajah, atau membuatnya menjadi lulur untuk tubuh. Dengan begitu bahan ini dapat mengatasi komedo yang tumbuh di area lain selain wajah. 

 

Itulah 5 cara menghilangkan komedo dengan bahan alami. Anda pun bisa menjaga kulit agar tetap lembab setelah melakukan perawatan mengatasi komedo dengan Diva

 

menjaga kulit tetap mulus dengan diva

 

Diva merupakan minuman kecantikan yang kaya akan kolagen dari bahan alami. Kandungan Antioksidan dan Vitamin E di dalamnya juga teruji klinis mengencangkan kulit, mengurangi kerutan, dan mencerahkan kulit. 

Anda bisa mendapatkan Diva dengan mudah di KALCare E-Store. Ikuti juga program Beauty Reseller bagi Anda yang ingin mendapatkan keuntungan lebih serta promo spesial pembelian produk Diva di KALCare. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi WhatsApp Beauty Reseller dan follow Instagramnya .

 

Salam,

KALCare