Cara Mengetahui Kecukupan ASI Si Kecil


Cara Mengetahui Kecukupan ASI Si Kecil

Cara Mengetahui Kecukupan ASI Si Kecil

ASI, inilah satu-satunya sumber makanan bayi. Sebelum menginjak usia 1 tahun, bayi hanya boleh meminum ASI. Tidak ada satu makanan atau minuman lain yang boleh diberikan kepada bayi pada usia tersebut. Bahkan pemberian susu formula anak juga harus dihindari. Karena sumber makanan si kecil hanya ASI, para orang tua harus tahu bagaimana cara memenuhi kebutuhan tersebut. Kadar kecukupan ASI untuk si kecil pun harus dipantau. Akan tetapi, bagaimana cara mengetahuinya? Langkah-langkah berikut bisa membantu Anda untuk mengetahui kecukupan ASI si kecil.

 

Penambahan Berat Badan Bayi

Normalnya, berat badan bayi akan terus tumbuh seiring dengan usianya yang juga bertambah. Kenaikan berat badan ini umumnya berkisar antara 110-200 gram per Minggu untuk bayi usia 0-3 bulan, 110-140 gram per Minggu untuk bayi usia 3-6 bulan dan 60-110 gram per Minggu untuk bayi usia 6-12 bulan. Jika ada masalah berat badan yang tidak normal, entah itu terlalu berlebih atau kurang, segera konsultasikan ke dokter.

 

Intensitas Bayi Menyusu

Bayi yang baru lahir umumnya menyusu sebanyak 8-12 kali per hari. Jika dirata-rata, ia akan menyusu setiap 2-3 jam sekali. Berapa lama bayi menyusu sebaiknya biarkan si kecil yang menentukan. Orang tua hanya perlu mengikutinya. Namun jika intensitasnya tidak sesuai dengan standar, bisa dipastikan kecukupan ASI si kecil kurang memadai. Namun jika usia si kecil sudah cukup, kebutuhan nutrisinya bisa dilengkapi dengan memberinya MPASI atau susu formula anak.

 

Kondisi Umum Bayi

Kepuasan bayi setelah menyusu bisa menjadi indikasi kebutuhan ASInya terpenuhi. Hal ini tentu hanya bisa dicapai jika Anda memberi ASI di waktu yang tepat. Saat bayi terlihat membuka mulut, menggerak-gerakkan kepalanya ke kiri dan ke kanan hingga memasukkan tangannya ke dalam mulut, ini tandanya ia sedang lapar. Segera beri ia ASI agar kebutuhan nutrisinya segera terpenuhi.

 

 

Memantau tingkat kecukupan ASI pada bayi di bawah usia 1 tahun sangatlah penting. Mengingat manfaat ASI yang sangat vital bagi pertumbuhannya, para orang tua harus memenuhi kebutuhan tersebut. Namun jika si kecil sudah mulai menginjak usia 1 tahun, pemberian makanan pendamping harus benar-benar sudah matang. Susu formula anak pun bisa menjadi tambahan. Saat Anda mencari susu formula yang bisa diandalkan dan mengandung gizi seimbang, Susu Morinaga jelas bisa menjadi pilihan.

 

 

 

Salam,

KALBE Store