Cara Mengatasi Mual Muntal Saat Hamil

Cara Mengatasi Mual Muntal Saat Hamil

Selamat! Hasil tes kehamilan Anda sudah menunjukkan bahwa Anda positif hamil. Tentunya, ini merupakan berita yang menggembirakan, dan telah dinanti, tak hanya oleh pasangan suami isteri, namun juga oleh seluruh keluarga besar.

 

Memang, kehadiran sang buah hati yang mungil di antara keluarga Anda akan menambah keceriaan dan keseruan hari-hari Anda dengan pasangan. Namun, perjalanan yang harus Anda
lalui hingga sampai ke sana masih sangatlah panjang.

 

Setidaknya, Anda harus melalui minggu-minggu yang dipenuhi dengan sensasi mual-muntah di pagi hari, atau lebih dikenal dengan istilah morning sickness.

 

Ini bisa jadi gejala yang paling ditakuti oleh para calon ibu. Betapa tidak, selama berminggu-minggu, Anda harus bertahan menghadapi pergolakan di dalam perut Anda, yang seolah memaksa Anda untuk berlari ke kamar mandi, dan memuntahkan seluruh isi lambung Anda.

 

Sebenarnya, apa penyebab dari morning sickness itu sendiri? Benarkah hanya terjadi di pagi hari? Apakah akan Anda alami setiap hari? Sampai berapa lama? Sejumlah pertanyaan itu, dan beberapa pertanyaan mendalam lainnya mengenai morning sickness akan kami ulas secara tuntas pada artikel lainnya di sini.

 

Namun, pada artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips praktis untuk membantu Anda mengatasi perasaan mual dan muntah di pagi hari. Mari disimak.

 

Cara Mengatasi Perasaan Mual dan Muntah di Pagi Hari

-Rajin mengkonsumsi vitamin B6

Vitamin B6 dapat Anda temukan pada beberapa jenis bahan makanan, seperti gandum utuh (dan produk olahannya), kacang-kacangan, serta beberapa jenis biji-bijian. Anda juga bisa menjumpai vitamin B6 dalam bentuk suplemen.

 

Dilansir dari berita yang diterbitkan oleh Medline Plus Medical Encyclopedia, konsumsi vitamin B6 secara teratur dapat membantu meringankan gejala morning sickness yang dialami oleh ibu hamil di masa awal kehamilannya. Jika Anda memilih mengkonsumsi vitamin B6 dalam bentuk suplemen, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda terlebih dulu. Ia akan merekomendasikan suplemen vitamin B6 apa yang cocok dan aman untuk Anda konsumsi.

 

-Minum teh jahe hangat

Jahe adalah tanaman rempah yang serba guna. Sifat karminatif yang dimiliki jahe dapat digunakan untuk meredakan sakit perut, serta membantu mengendurkan otot-otot gastrointestinal, yang dapat mencegah gas dan perut kembung. Karenanya, jahe seringkali diresepkan untuk membantu mengatasi nyeri haid, serta mengurangi gejala mual di pagi hari yang biasa dialami calon ibu di awal kehamilannya.

 

American Pregnancy Association pun mengamini fakta bahwa jahe bisa membantu mengurangi gejala morning sickness. Seduh teh hangat setiap pagi, dan rendam 1 cm jahe yang sudah dipipihkan di dalamnya.

 

Nikmati selagi hangat, agar perut Anda terasa lebih nyaman, dan rasa mual menghilang. Selain itu, Anda juga bisa mencoba mengunyah jahe yang telah ditambah dengan sedikit madu, ataupun menaburi parutan jahe pada hidangan salad dan sup yang akan Anda konsumsi. Memang, masih diperlukan penelitian tambahan mengenai efek konsumsi jahe secara berkepanjangan terhadap kehamilan. Jadi, kami menyarankan agar Anda selalu berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda.

 

-Minyak lavender atau minyak lemon

Tahukah Anda bahwa istri Pangeran William yang cantik, Kate Middleton, pernah mengalami episode mual dan muntah yang parah selama kehamilannya? Ia pun memiliki senjata rahasia untuk mengatasinya, yakni minyak bunga lavender.

 

Bunga berwarna keunguan yang memiliki aroma khas ini memang telah lama dipercaya memiliki sifat penyembuh yang efektif. Lavender bahkan dinilai sebagai salah satu obat terbaik untuk mengatasi morning sickness, terutama karena wanginya yang segar, dan dapat memerangi perasaan mual.

 

Selain minyak lavender, minyak lemon juga diyakini memiliki khasiat yang serupa. Oleskan minyak aromatherapy beraroma lavender atau lemon di pergelangan tangan Anda, dan hirup aromanya kapanpun Anda merasa mual. Wangi lavender akan membantu menenangkan Anda, dan membuat Anda merasa rileks, sementara wangi lemon akan membuat Anda lebih segar, dan rasa mual berkurang.

 

Anda juga bisa mencampurkan beberapa tetes minyak lavender atau minyak lemon pada minyak pijat Anda, dan rasakan kualitas tidur yang lebih nyenyak dan menenangkan.

 

-Porsi istirahat yang cukup

Ternyata, gejala morning sickness dapat dikurangi secara signifikan semudah menambah waktu istirahat Anda. Memang, pada masa-masa awal kehamilan, Anda mungkin akan mengalami kesulitan untuk beristirahat. Tetapi, coba Anda usahakan untuk tidur lebih awal, sehingga waktu istirahat Anda lebih panjang.

 

Untuk membuat tubuh Anda semakin rileks, Anda dapat mencoba mandi dengan menggunakan air hangat, yang dapat memberikan sensasi menenangkan pada tubuh, dan menyingkirkan rasa lelah, serta pegal-pegal.

 

Masih ada beberapa tips praktis lainnya yang akan kami bagikan untuk membantu Anda mengatasi gejala mual-muntah di awal kehamilan.

 

 

 

Salam,

KALBE Store