Cara Mengatasi Sakit Mata pada Anak

Cara Mengatasi Sakit Mata pada Anak

Infeksi atau sakit mata pada anak merupakan hal yang lazim ditemui. Jangan panik, kenali dahulu jenis infeksinya, dan lakukan langkah pengobatannya berikut ini. Konjungtivitis atau mata merah. Mata merah dapat menyerang kapan saja dan di mana saja, karena disebabkan oleh infeksi bakteri, virus atau fungi pada lapisan membran di kelopak mata.

 

Mata merah biasanya menular, terutama melalui sentuhan, misalnya anak memegang barang yang telah terkontaminasi virus, dan tanpa sadar mengucek mata. Gejalanya berupa mata merah, terasa gatal, sensitif terhadap cahaya, bahkan mata mengeluarkan kotoran. Tips: beri anak salep mata, obat tetes air mata atau antibiotik sesuai resep dokter. Jauhkan anak sementara dari saudaranya, dan biarkan ia beristirahat agar tidak menular.

 

Mata merah akibat alergi. Jenis sakit mata ini biasanya terjadi pada anak yang memiliki riwayat alergi tertentu, misalnya alergi debu, udara dingin karena AC, serbuk bunga, parfum atau reaksi terhadap bulu binatang tertentu. Berbeda dengan konjungtivitis, mata merah karena alergi biasanya tidak menular, dengan gejala mata merah, gatal, bahkan berair. Tips: gunakan kompres dingin untuk menyejukkan daerah sekitar mata, dan berikan anak tetes mata anti alergi yang telah diresepkan oleh dokter. Jauhkan juga si kecil dari alergen atau pencetus alerginya.

 

Saluran air mata tersumbat. Ini merupakan peradangan pada mata yang terjadi akibat saluran air mata tersumbat karena infeksi maupun luka. Mata biasanya selalu tampak berkaca-kaca atau berair, sedikit bengkak dan mengeluarkan kotoran mata. Tips: kompres hangat daerah sekitar mata, dan bersihkan kotoran mata dengan handuk hangat. Pijat perlahan daerah sekitar pangkal hidung ke arah bawah agar sumbatan terbuka, dan bawa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

 

Mata bintitan. Anak seringkali mengalami bintitan atau bisul kecil pada mata akibat menggosok mata mereka dengan tangan yang tidak bersih. Bintitan disebabkan karena adanya penyumbatan pada kelenjar kelopak mata akibat debu dan kuman. Bintitan tidak menular, namun perhatikan bila Anak mengeluhkan rasa nyeri pada bintitan, karena itu merupakan tanda infeksi. Tips: kompres mata anak dengan handuk hangat, dan bawa ke dokter untuk mendapatkan obat atau penanganan yang tepat. Berikan juga pengertian pada anak agar tidak mengucek mata mereka sampai bintitan hilang dan sembuh.

 

Mata kelilipan. Mata kelilipan biasanya merupakan infeksi yang terjadi akibat adanya goresan pada kornea mata, karena masuknya benda asing berukuran kecil, misalnya butiran-butiran debu.  Masuknya benda asing ini bisa saja berujung pada infeksi. Mata kelilipan bukanlah infeksi yang menular. Tips: cegah si kecil mengucek matanya karena dapat menyebabkan iritasi lebih lanjut pada kelopak dan selaput mata. Beri dia obat tetes mata, agar benda asing yang masuk dapat keluar secara alami, dan bawa ke dokter apabila tidak kunjung membaik.

 

Salam,

KALBE Store