Mengatasi Mual Muntah Saat Hamil di Pagi Hari


Mengatasi Mual Muntah Saat Hamil di Pagi Hari

Mengatasi Mual Muntah Saat Hamil di Pagi Hari

Selamat! Hasil tes kehamilan Anda sudah menunjukkan bahwa Anda positif hamil. Tentunya, ini merupakan berita yang menggembirakan, dan telah dinanti, tak hanya oleh pasangan suami isteri, namun juga oleh seluruh keluarga besar.

Memang, kehadiran sang buah hati yang mungil di antara keluarga Anda akan menambah
keceriaan dan keseruan hari-hari Anda dengan pasangan. Namun, perjalanan yang harus Anda
lalui hingga sampai ke sana masih sangatlah panjang. Setidaknya, Anda harus melalui minggu-minggu yang dipenuhi dengan sensasi mual-muntah di pagi hari, atau lebih dikenal dengan istilah morning sickness.

 

Ini bisa jadi gejala yang paling ditakuti oleh para calon ibu. Betapa tidak, selama berminggu-minggu, Anda harus bertahan menghadapi pergolakan di dalam perut Anda, yang seolah memaksa Anda untuk berlari ke kamar mandi, dan memuntahkan seluruh isi lambung Anda.

 

Setelah pada artikel yang lalu, kami membahas 4 tips praktis untuk mengatasi morning sickness di awal kehamilan, kini kami akan kembali menampilkan 4 tips lainnya untuk membantu Anda mengatasi perasaan mual dan muntah di pagi hari. Mari disimak.

 

Cara Mengatasi Perasaan Mual dan Muntah di Pagi Hari

  • Konsumsi sereal

Morning sickness acap kali mengganggu kemampuan calon ibu untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya, karena biasanya hanya dengan menghirup aroma makanan saja sudah bisa membuat perasaan mual dan hendak muntah muncul kembali. Namun, walau bagaimanapun, kebutuhan nutrisi calon ibu dan janinnya harus tetap dipenuhi. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan ibu dan calon bayinya adalah karbohidrat. Agar gejala morning sickness tidak semakin parah, pilihlah karbohidrat dari roti gandum, nasi merah, kentang kukus, pasta, atau seral padat yang mengenyangkan. Sereal dapat juga menjadi pertolongan pertama Anda di pagi hari, jika Anda mulai merasa mual. Sebelum menyantap sarapan pagi Anda, Anda bisa mengawali hari dengan makan semangkuk sereal atau malkist, agar Anda tidak terlalu mual.

 

  • Makan sering, namun dalam porsi terbatas

Jika Anda sedang mengalami morning sickness, sebaiknya Anda mengatur pola makan Anda. Jangan makan dalam porsi yang terlalu besar, yang hanya akan membuat Anda merasa mual. Bagi makanan Anda dalam beberapa porsi yang lebih kecil, dan nikmati setiap dua jam sekali. Pengaturan ini akan membuat perut Anda semakin nyaman, dan mual-muntah Anda jadi berkurang.

 

  • Hindari makanan yang berbumbu terlalu kuat, dan makanan yang digoreng

Makanan yang berbumbu terlalu kuat, seperti opor, gulai, atau rendang cenderung lebih sulit dicerna, dan akan menyulitkan Anda yang tengah mengalami mual-muntah. Makanan yang banyak mengandung lemak (gajih) dan diolah dengan cara digoreng juga cenderung sulit dicerna, karena memperberat kerja lambung.

 

  • Akupunktur

Akupuntur sangat efektif dan aman untuk mengatai morning sickness. Terapi ini akan membuat aliran Qi atau energi akan kembali lancar, sehingga gejala-gejala yang menyertai morning sickness akan dapat teratasi dengan sendirinya. Tubuh akan terasa lebih segar, dan rasa mual akan berkurang – bahkan hilang. Selain itu, lancarnya aliran energi akan menghilangkan rasa stres yang dialami oleh calon ibu. Metode lain yang mirip dengan metode ini adalah seaband, yang dilakukan dengan cara memberikan pembebat pada pergelangan tangan, untuk memberikan tekanan pada titik di pergelangan tangan.

 

Meskipun pada awalnya morning sickness terasa sangat mengganggu, namun ingatlah bahwa ini merupakan fase awal dari perjalanan panjang yang akan Anda arungi bersama dengan buah hati tercinta. Jangan menyerah menghadapi morning sickness, sebaliknya persenjatai diri Anda dengan hal-hal praktis yang akan membuat masa kehamilan Anda semakin menyenangkan untuk dilalui.

 

 

 

Salam,

KALBE Store