Cara Mengatasi Kemunculan Varises saat Kehamilan


Cara Mengatasi Kemunculan Varises saat Kehamilan

Cara Mengatasi Kemunculan Varises saat Kehamilan

Kehamilan memang merupakan peristiwa yang membahagiakan. Tetapi bukan berarti, ibu tidak mengalami pengorbanan tertentu selama mengandung Si buah hati. Seperti kemunculan varises akibat kehamilan.

 

Walaupun umumnya varises tidak berbahaya, kemunculannya tentu membuat ibu tidak nyaman dan mengganggu kecantikan kulit. Varises terjadi ketika pembuluh darah vena membengkak dan melebar. Varises yang terjadi pada ibu hamil disebabkan oleh volume darah dalam tubuh meningkat dan dapat memberikan tekanan pada pembuluh darah vena. Selain itu, varises yang muncul pada masa kehamilan dapat disebabkan oleh perubahan hormon. Karena selama hamil, terdapat peningkatan kadar progesteron yang melebarkan atau membuka pembuluh darah. Begitu juga dengan rahim yang berkembang akan memberikan tekanan pada vena kava inferior yang berkontribusi pada kemunculan varises.

 

ketahui cara mencegah varises pada ibu hamil

 

Rata-rata varises pada ibu hamil akan muncul pada kaki, tetapi bisa juga muncul di bokong, hingga vagina. Varises juga terlihat dengan warna biru atau keunguan, serta terlihat jelas karena muncul dan menonjol tepat di bawah kulit. Kemunculan varises dapat ditandai dengan beberapa gejala. Seperti sensasi terbakar atau berdenyut di kaki, kaki terasa tidak nyaman, berat, atau pegal, kram otot, pembengkakan pada kaki, hingga kulit kering atau gatal di atas varises.

Cara mengatasi varises pada ibu hamil

Varises sebenarnya dapat berkurang dalam tiga bulan hingga satu tahun setelah proses persalinan. Tetapi bagi Anda yang merasa terganggu dengan munculnya varises, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menguranginya. Yuk langsung saja disimak cara mengatasi kemunculan varises selama kehamilan berikut ini.

 

1. Menjaga aliran darah tetap lancar

Selama hamil, Anda sebaiknya menghindari duduk atau berdiri dengan posisi yang sama dalam waktu yang lama. Hal ini dapat mengurangi kemunculan varises terutama di kaki. Pastikan ibu beristirahat atau mengubah posisi sesering mungkin. Misalnya pada saat duduk, usahakan agar kaki tetap terangkat. Lenturkan juga pergelangan kaki sesering mungkin, dan hindari duduk dengan menyilangkan kaki.

 

2. Tetap beraktivitas

Walaupun sedang hamil, tidak ada salahnya ibu melakukan olahraga. Sebab olahraga merupakan kunci untuk mencegah varises. Usahakan Anda untuk berjalan kaki atau melakukan olahraga santai lainnya yang dapat meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh ibu. Jika perlu, lakukan konsultasi dengan dengan dokter kandungan Anda mengenai olahraga apa yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan sekaligus mencegah munculnya varises.

3. Menjaga berat badan

Kehamilan memang membuat ibu mengalami kenaikan berat badan. Tetapi usahakan berat badan Anda sesuai dengan rekomendasi oleh dokter kandungan. Rata-rata kenaikan berat badan yang dapat terjadi pada ibu selama masa kehamilan mencapai 11-16 kg. Berat badan yang berlebih akan menambah beban kerja pada sistem peredaran darah ibu hamil.

 

4. Menggunakan pakaian yang nyaman dan sesuai

Selama hamil, pilihlah pakaian yang nyaman dan tidak terlalu ketat. Ini berlaku juga dalam pemilihan pakaian dalam yang digunakan oleh ibu hamil. Hindari menggunakan ikat pinggang, kaus kaki ketat, hingga sepatu high heels. Ibu juga dapat menggunakan stoking kompresi untuk melawan tekanan dari perut ke bagian bawah tubuh dan meningkatkan aliran darah ke kaki menuju jantung.

 

5. Hindari tekanan yang berat

Terakhir, ibu hamil perlu menghindari mengangkat barang berat. Sebab aktivitas ini dapat membuat pembuluh darah semakin terlihat. Ibu juga disarankan tidak mengejan pada saat buang air besar, sebab dapat meningkatkan risiko varises. Itulah kenapa ibu hamil disarankan banyak minum air putih dan mengonsumsi cukup serat agar terhindar dari sembelit.

 

Itulah 5 cara yang dapat dilakukan untuk mencegah kemunculan varises pada ibu hamil. Selain itu, ibu juga perlu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi untuk menjaga kesehatan pembuluh darah. Bantu penuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan janin dengan mengonsumsi Prenagen Mommy. Sebab dengan formula PRENAPro, Prenagen Mommy mengandung nutrisi lengkap untuk menjaga stamina ibu lebih fit selama menjalani kehamilan dan mendukung kecerdasan janin. Anda bisa mendapatkan Prenagen Mommy dengan mudah di sini.

 

cegah varises dengan nutrisi yang tepat dengan Prenagen Mommy

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

https://www.haibunda.com/kehamilan/20200609114344-49-145281/5-bahan-alami-untuk-mengatasi-varises-pada-ibu-hamil