Cara Mengatasi Jerawat di Punggung

Cara Mengatasi Jerawat di Punggung

Pada orang dewasa atau remaja, jerawat sering kali muncul pada permukaan kulit wajah. Bahkan jerawat dapat muncul pada bagian tubuh lain, seperti punggung. Walaupun berada di punggung, mungkin sebagian dari Anda merasa terganggu dengan munculnya jerawat. Sebab sama seperti di wajah, jerawat pada punggung juga dapat tumbuh besar, sehingga membuat tidak nyaman. Jerawat pada punggung juga dapat mengganggu penampilan Anda yang hendak menggunakan pakaian yang terbuka pada area punggung.

 

Penyebab jerawat di punggung

 

ketahui penyebab munculnya jerawat di punggung

 

Jerawat merupakan kulit mati dengan minyak yang berlebih serta kotoran yang menyumbat pori-pori. Kondisi ini menyebabkan bakteri mudah tumbuh di dalamnya. Tetapi karena punggung memiliki pori-pori yang lebih besar, kondisi ini membuat minyak dan kotoran lebih mudah tersumbat. Sehingga beberapa hal berikut ini bisa menjadi penyebab munculnya jerawat pada punggung.

1. Kurang menjaga kebersihan tubuh

Area punggung cenderung tertutup, mudah berkeringat, dan lembab. Kondisi ini memudahkan bakteri untuk berkembang biak. Maka dari itu, Anda perlu menjaga kebersihan tubuh dengan baik. Gosoklah seluruh bagian punggung dengan menggunakan air yang bersih dan sabun pada saat mandi untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Jika perlu, Anda bisa menggunakan alat bantu seperti sikat punggung agar mencapai semua permukaan punggung.

 

2. Pakaian

Mencuci pakaian yang tidak bersih, gesekan dari bahan pakaian tertentu, serta pakaian yang terlalu ketat dapat menyebabkan jerawat pada punggung. Untuk itu, pastikan Anda mencuci pakain dengan benar dan memilih pakaian yang tepat. Dengan begitu Anda dapat mengurangi risiko munculnya jerawat di punggung.

 

3. Hormon

Hormon juga memberikan pengaruh pada munculnya jerawat di punggung. Sehingga tidak heran jerawat akan muncul pada masa pubertas, menstruasi, serta kehamilan. Konsumsi suplemen hormon seperti suplemen testosteron juga dapat memicu tumbuhnya jerawat.

 

4. Penggunaan obat atau perawatan tubuh tertentu

Penggunaan obat atau perawatan tubuh tertentu dapat menjadi penyebab munculnya jerawat. Hal ini dikarenakan bahan pada obat atau perawatan tubuh tersebut terlalu keras bagi kulit Anda. Misalnya seperti kandungan minyak yang terlalu banyak sehingga menyebabkan jerawat.

 

5. Gen

Jerawat juga bisa terjadi karena faktor keturunan. Sehingga orang tua yang memiliki riwayat jerawat di punggung, hal yang sama dapat dialami oleh anak. Oleh karena itu, Anda perlu menyesuaikan gaya hidup dan perawatan yang tepat untuk menghindari jerawat.

 

Cara mengatasi jerawat di punggung

 

Umumnya jerawat di punggung tidak memberikan efek yang berbahaya bagi tubuh. Tetapi kemunculan jerawat ini dapat Anda cegah dan atasi dengan cara berikut ini.

1. Menggunakan obat jerawat

Cara pertama untuk mengatasi jerawat di punggung adalah menggunakan obat jerawat. Ada berbagai jenis obat jerawat yang bisa Anda gunakan, seperti cream atau obat oral. Pilihlah obat jerawat yang tepat. Sebagai rekomendasi, Anda bisa mengonsumsi suplemen H2 Pure Skin yang dapat membantu Anda dalam mengatasi jerawat. Kandungan antioksidan OPC yang terkandung di dalam H2 Pure Skin berfungsi sebagai anti peradangan untuk mencegah timbulnya jerawat.

 

atasi jerawat dengan H2 Pure Skin

 

2. Mandi dengan bersih

Kebersihan juga dapat mencegah terjadinya jerawat. Usahakan Anda mandi setelah melakukan aktivitas yang mengeluarkan keringat, seperti berolahraga. Sebab mandi dapat membersihkan kotoran yang menempel pada punggung untuk mencegah munculnya jerawat. Bersihkan juga area punggung secara perlahan dan lembut agar jerawat di punggung tidak semakin parah atau meradang.

 

3. Hindari gesekan pada punggung

Gesekan pada punggung tidak hanya disebabkan oleh pakaian yang Anda gunakan. Tetapi dapat terjadi karena penggunaan tas ransel. Selain itu, bagi Anda yang memiliki rambut panjang usahakan untuk mengikat rambut agar tidak menyentuh punggung. Karena kotoran pada rambut dapat menempel pada punggung sehingga menyebabkan jerawat.

 

4. Mengonsumsi makanan sehat

Pola makan yang sehat dapat mencegah kemunculan jerawat. Sebab makanan tertentu, seperti makanan yang memiliki indeks glikemik yang tinggi juga dapat memperparah jerawat. Hindari juga mengonsumsi makanan yang membuat Anda alergi karena dapat menjadi pemicu. Perbanyaklah konsumsi buah, sayur, protein tanpa lemak, dan gandum utuh.

 

5. Menggunakan tabir surya

Saat menggunakan pakaian dengan punggung terbuka, Anda harus menggunakan tabir surya. Sebab tabir surya dapat melindungi kulit punggung dari efek samping sinar matahari. Pilihlah tabir surya yang memiliki kandungan yang aman bagi kulit Anda.

 

Itulah penyebab dan cara mengatasi jerawat di punggung. Semoga dengan melakukan 5 hal di atas, Anda dapat mengurangi bahkan mencegah kemunculan jerawat ya Fams! Nah, bagi Anda yang ingin mendapatkan H2 Pure Skin dengan mudah, langsung saja klik di sini ya!

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3644282/jerawat-di-punggung-atasi-dengan-cara-efektif-ini

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/06/08/080701920/berbahayakah-jerawat-di-punggung-bagi-kesehatan?page=all