Cara Mengajari Anak Bermain Sepeda


Cara Mengajari Anak Bermain Sepeda

Cara Mengajari Anak Bermain Sepeda

Tren bermain sepeda selama pandemi covid-19 nampaknya masih menjadi olahraga favorit di masyarakat. Tidak heran jika pada pagi atau sore hari, Anda akan menemukan orang yang melakukan olahraga sepeda. Bahkan olahraga ini tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa saja, tetapi juga anak-anak.

 

Memang banyak orang tua yang mengajarkan anak-anaknya untuk bermain sepeda bahkan sejak usia dini. Tidak heran jika produsen sepeda anak memproduksi berbagai jenis sepeda, mulai dari sepeda roda 4, 3, hingga dua. Tentunya pilihan sepeda ini disesuaikan dengan kemampuan Si Kecil. Jangan lupa untuk mengajarkan anak cara bermain sepeda berikut ini.

 

ketahui cara untuk mengajarkan anak bermain sepeda

 

1. Pilih jenis sepeda yang sesuai

Sebelum mengajarkan anak bermain sepeda, hal utama yang perlu Anda lakukan adalah memilih sepeda yang sesuai. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat berbagai jenis sepeda yang bisa dipilih sesuai dengan Si Kecil. Misalnya menyesuaikan sepeda dengan berat badan dan tinggi anak agar Si Kecil dapat mengendalikan sepedanya dengan baik.  Perlu Anda ingat, jangan membelikan sepeda untuk orang dewasa dengan harapan Si Kecil dapat mengendalikannya dengan baik. Bukannya belajar sepeda dengan baik, membeli sepeda dewasa dapat menyebabkan risiko celaka pada saat latihan. Anda juga dapat memberikan anak alat pengaman lainnya untuk bermain sepeda, misalnya seperti helm, atau alat pelindung lutut.

 

2. Memilih area latihan yang tepat

Saat anak pertama kali berlatih sepeda, upayakan Anda mengajarkannya di lapangan yang berumput. Sebab lapangan berumput akan mengurangi risiko anak terluka akibat jatuh saat belajar sepeda. Hindari belajar sepeda di area yang beraspal karena jika terjatuh tubuh anak bisa berdarah karena permukaan yang keras dan kasar. Tanah berumput juga dapat membantu anak menjaga keseimbangan. Carilah lapangan berumput yang luas agar rute latihan bersepeda Si Kecil lebih besar dan tidak khawatir menabrak benda lain di sekitarnya.

 

3. Berikan pengenalan dan instruksi

Tak kenal, maka tak mahir. Itulah kenapa Anda perlu memberitahukan semua bagian sepeda kepada anak. Mulai dari setang, rem, hingga roda. Pengenalan ini penting agar Si Kecil dapat memahami fungsi dari masing-masing bagian sepeda dan dapat menggunakannya dengan tepat. Kemudian, berikan instruksi bagaimana mengayuh sepeda, menyesuaikan setang kemudi, hingga waktu yang tepat untuk memberhentikan sepeda.

 

4. Berikan contoh

Agar anak lebih mahir, Anda dapat memberikan contoh bagaimana bermain sepeda yang baik dan benar. Misalnya cara mengayuh yang benar, serta cara mengatur keseimbangan. Dengan begitu Si Kecil dapat meniru dan memahami contoh yang Anda berikan agar cepat tanggap cara belajar bermain sepeda.

 

5. Berikan nutrisi untuk tambahan energi

Berlatih sepeda tentu akan menguras tenaga Si Kecil. Belum lagi jika saat berlatih, anak terjatuh dari sepeda. Walaupun begitu, Anda tidak perlu khawatir ya Fams. Maka dari itu sebelum berlatih, berikan Si Kecil nutrisi untuk meningkatkan energinya. Anda bisa juga memberikan Chil Go karena memiliki kalori yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan gizi dan jumlah energi saat anak beraktivitas, termasuk saat belajar bersepeda. Selain itu terdapat nutrisi dari Faktor Kecerdasan Multitalenta untuk mempercepat daya tangkap dan daya ingat anak saat belajar bersepeda. Anda bisa mendapatkan Chil Go dengan 5 varian rasa yang nikmat di sini.

 

berikan Chil Go untuk mendukung anak pintar bermain sepeda

 

Itulah 5 cara mudah untuk mengajari anak bermain sepeda. Semoga dengan mengikuti 5 cara ini, Anda dapat membuat Si Kecil lancar bermain sepeda ya. Supaya Anda bisa mengajak Si Kecil bermain sepeda bersama untuk menjaga kesehatan terutama pada masa pandemi saat ini. Jangan lupa saat bermain sepeda, tetap menjaga jarak, menggunakan masker, dan mencuci tangan dengan menggunakan air bersih serta sabun.

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

https://www.popmama.com/kid/4-5-years-old/sarrah-ulfah/cara-efektif-mengajarkan-anak-naik-sepeda/7