Cara Mencegah Osteoporosis dan Nyeri Sendi Sejak Dini


Cara Mencegah Osteoporosis dan Nyeri Sendi Sejak Dini

Cara Mencegah Osteoporosis dan Nyeri Sendi Sejak Dini

Seiring dengan bertambahnya usia, organ-organ tubuh manusia tidak dapat bekerja seperti semula. Banyak orang yang sudah lanjut usia mengalami permasalahan pada tulang dan sendinya. Salah satu penyakit tulang yang terjadi di usia senja adalah osteoporosis.

 

Osteoporosis adalah penyakit yang menyebabkan terjadinya pengapuran tulang sehingga tulang berkurang kerapatannya. Sedangkan penyakit yang berhubungan dengan sendi yang biasanya terjadi adalah arthritis (nyeri sendi).

 

Anda dapat melakukan pencegahan atau mengurangi resiko terkena penyakit tulang dan sendi dengan cara-cara ini.

 

Memiliki gaya hidup sehat

Cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah osteoporosis dan arthritis adalah dengan memiliki gaya hidup sehat. Kurangi minuman yang mengandung kafein, alkohol, dan kurangi rokok. Perbanyak makan buah dan sayur dan rajin berolahraga secara rutin.

 

Pilih makanan yang dapat menyehatkan tulang dan sendi

Memilih makanan merupakan salah satu cara untuk mencegah osteoporosis dan menjaga kesehatan tulang serta persendian. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C, vitamin D, vitamin K. Vitamin C berfungsi untuk memperbaiki jaringan tubuh dan juga merawat tulang rawan pada persendian.

 

Vitamin C dapat diperoleh dari jeruk, buah beri, sayuran hijau dan tomat. Konsumsi juga ikan, keju dan kuning telur untuk mencukupi kebutuhan vitamin D. Vitamin K berfungsi untuk menjaga kepadatan tulang agar osteoporosis tidak terjadi sejak dini. Vitamin K dapat diperoleh dari sayuran hijau, daging dan telur.

 

Menjaga postur tubuh

Menjaga postur tubuh saat duduk, berdiri dan berjalan merupakan cara untuk menjaga kesehatan tulang dan persendian sejak dini. Duduk, berjalan dan berdiri dengan postur yang baik yakni tulang punggung sejajar. Postur tubuh yang tidak baik dapat memiliki efek buruk pada persendian.

 

Olahraga teratur

Melakukan olahraga secara teratur dapat membantu tulang dan otot-otot persendian kuat dan berfungsi dengan baik. Olahraga yang baik untuk tulang antara lain berjalan, jogging, dan mendaki. Sedangkan olahraga yang baik untuk sendi adalah bersepeda, yoga dan stretching.

 

Minum susu

Penuhi kebutuhan kalsium yang bermanfaat untuk tulang dengan mengonsumsi susu. Pilih susu tinggi kalsium untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi sejak dini. Pilihlah Entrasol, susu tinggi antioksidan untuk mencegah terjadinya osteoporosis sejak dini. Dengan

 

Itulah beberapa tips untuk mencegah osteoporosis dini dan nyeri sendi. Pola hidup dan makan yang sehat tentu akan bantu menjaga kepadatan tulang Anda.

 

 

 

Salam,

KALCare