Cara Mencegah Osteoporosis & Nyeri Sendi Sejak Dini


Cara Mencegah Osteoporosis & Nyeri Sendi Sejak Dini

Cara Mencegah Osteoporosis & Nyeri Sendi Sejak Dini

Osteoporosis, masalah tulang yang umumnya menyerang mereka yang telah berusia senja. Meski banyak diremehkan, gangguan kesehatan ini sangat nyata. Kebiasaan hidup yang kurang sehat menjadi salah satu pemicunya. Namun meski osteoporosis lebih banyak diderita oleh lansia, pencegahannya harus dilakukan sejak masih muda. Anda juga bisa melakukannya. Demi masa tua yang lebih sehat, Anda bisa menerapkan tips mencegah osteoporosis berikut ini.

 

Penuhi Kebutuhan Kalsium

Kebutuhan kalsium ini sangat beragam sesuai dengan usia. Untuk usia remaja atau 9-18 tahun, kebutuhan kalsium setiap hari mencapai 1300 mg. Sedangkan pada usia 18-50 tahun, kebutuhan kalsium ini turun di angka 1000 mg. Namun saat menginjak usia 50 tahun, kebutuhan kalsium kembali naik menjadi 1200 mg. Dengan memenuhi kebutuhan kalsium setiap hari, risiko osteoporosis juga dapat ditekan.

 

Hindari Makanan Berlemak

Makanan berlemak tak hanya buruk untuk mereka yang menderita kolesterol saja. Makanan ini juga dapat mengganggu penyerapan kalsium. Hal ini dikarenakan lemak memiliki sifat mengikat kalsium. Jadi alih-alih diserap oleh tulang, kalsium justru diserap lemak.

 

Dapatkan Sinar Matahari di Pagi Hari

Sinar matahari pagi tak hanya hangat namun juga banyak mengandung vitamin D. Untuk itu, sempatkan waktu untuk berjemur atau berolahraga di pagi hari atau sekitar pukul 7-8 pagi. Vitamin D ini sangat baik untuk membantu proses penyerapan kalsium oleh tulang. Dengan memperoleh cukup vitamin D, bahaya osteoporosis bisa dihindari.

 

Penuhi Kebutuhan Vitamin C

Vitamin C tak hanya mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Nutrisi ini juga mampu menguatkan tulang. Cara terbaik untuk memperoleh vitamin C adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan kaya vitamin C seperti jambu biji, jeruk, stroberi, pisang dan apel. Nanas juga memiliki kandungan vitamin C yang tidak sedikit.

 

Meski osteoporosis lebih banyak menyerang lansia, bukan berarti Anda yang masih muda bisa meremehkannya. Upaya pencegahan harus dilakukan sedini mungkin. Selain dengan menerapkan tips di atas, Anda bisa mengkonsumsi susu tinggi kalsium seperti susu Entrasol. Upaya pencegahan seperti ini perlu dilakukan demi masa tua yang lebih sehat.

 

 

 

Salam,

KALBE Store