Cara Mencegah Nyeri Punggung Selama Masa Kehamilan


Cara Mencegah Nyeri Punggung Selama Masa Kehamilan

Cara Mencegah Nyeri Punggung Selama Masa Kehamilan

Saat perut semakin membesar, beban di perut akan semakin bertambah. Punggung yang menjadi penopang tak jarang turut merasakan imbasnya. Itulah kenapa ibu hamil tua kerap mengeluh nyeri punggung. Kondisi seperti ini jelas sangat mengganggu. Jangan beraktivitas. Sekedar duduk saja terkadang tetap terasa nyerinya. Meski demikian, jangan sampai hal tersebut membuat Anda malas untuk bergerak. Apalagi sampai malas makan makanan bergizi dan minum susu ibu hamil. Dengan cara berikut ini, nyeri punggung sebenarnya bisa dicegah.

 

Gunakan Beberapa Bantal Penyangga

Saat tidur, gunakan beberapa bantal sebagai penyangga kepala dan leher. Jaga agar posisi tidur lurus. Posisi tidur yang baik akan menjauhkan Anda dari nyeri. Saat bangun pun tidak bisa sembarangan. Jangan langsung bangun begitu saja. Miringkan badan ke samping terlebih dahulu. Setelah itu barulah bangkit secara perlahan.

 

Jangan Mengangkat Barang Berat

Mengangkat barang berat adalah salah satu pantangan ibu hamil. Untuk mengangkat barang berat seperti ini, dibutuhkan tumpuan yang mantap. Padahal hal tersebut sangat sulit diperoleh saat hamil tua. Akibatnya punggung jadi terlalu terbebani. Inilah yang kemudian menyebabkan rasa nyeri.

 

Jaga Postur Tubuh

Baik dalam kondisi berdiri maupun duduk, pastikan postur tubuh Anda tetap tegap. Ini dilakukan agar tulang punggung tidak terlalu terbebani. Semakin besar sudut kemiringan tubuh Anda, semakin besar pula beban yang akan ditanggung oleh punggung.

 

Jaga Aktivitas Fisik dan Olahraga

Kebutuhan ibu hamil tidak hanya seputar makanan sehat dan susu ibu hamil. Aktivitas fisik dan olahraga juga penting. Bagi ibu hamil, olahraga dapat membantu mengurangi nyeri punggung. Namun perlu menjadi catatan. Jangan berolahraga saat punggung terasa sakit. Ini hanya akan membuat nyeri semakin parah. Setelah berolahraga, pastikan untuk minum air untuk mengganti cairan yang terbuang.

 

 

Meski nyeri punggung tidak bisa dihindari sepenuhnya, Anda masih bisa mengurangi intensitas nyeri yang dirasakan. Cara di atas adalah contohnya. Jaga kondisi kesehatan Anda dengan baik. Selain mengonsumsi makanan sehat seimbang, konsumsi susu ibu hamil juga penting. Karena dengan Susu Prenagen inilah, kebutuhan nutrisi terpenuhi dan kesehatan akan lebih terjaga.

 

 

 

Salam,

KALBE Store