Cara Mencegah Covid-19 pada Ibu Hamil


Cara Mencegah Covid-19 pada Ibu Hamil

Cara Mencegah Covid-19 pada Ibu Hamil

Penyebaran covid-19 memang tidak pandang bulu. Semua golongan usia memiliki kemungkinan untuk terkena coronavirus. Termasuk ibu hamil bisa terkena virus yang menyerang sistem pernapasan.

 

Kenapa ibu hamil rentan terhadap covid-19?

 

Menurut badan kesehatan Dunia, WHO, ibu hamil termasuk golongan yang rentan terhadap covid-19. Dijelaskan oleh dr. Ulul Albab, SpOG, ibu hamil maupun ibu menyusui rentan terkena berbagai penyakit akibat adanya perubahan hormonal. Perubahan hormon ini secara otomatis akan membuat daya tahan tubuh ibu hamil dan menyusui menjadi rendah.

 

Dr. Ulul menambahkan, ibu hamil atau menyusui yang mengalami gejala serupa dengan covid-19 perlu melakukan pemeriksaan coronavirus. Sebab deteksi awal dapat membantu dokter untuk merekomendasikan perawatan yang terbaik bagi pasien hamil dan menyusui agar mencegah paparan virus lebih jauh dan kemungkinan buruk lainnya.

 

Upaya pencegahan bagi ibu hamil

 

Maka dari itu, baik ibu hamil maupun menyusui perlu waspada terhadap penyebaran covid-19. Ada beberapa cara pencegahan covid-19 yang bisa dilakukan oleh ibu hamil dan menyusui. Berikut caranya menurut dr. Rizky Amalia Sharfina dari KlikDokter.

 

1. Gunakan masker

 

 

 

jaga kondisi kesehatan selama hamil di masa penyebaran corona

 

 

 

Penggunaan masker sangat dianjurkan bagi ibu hamil saat berada di luar ruangan, atau di tempat umum. Jaga jarak saat melakukan komunikasi dengan orang lain saat berada di luar ruangan. Untuk ibu menyusui, pastikan tidak membawa bayi Anda keluar di tempat yang ramai. Pastikan anak Anda tidak disentuh dahulu oleh kerabat ataupun orang asing untuk mencegah penularan.

 

2. Melakukan etika batuk dan bersin yang benar & cuci tangan

 

Ibu hamil juga perlu menerapkan etika batuk dan bersin yang benar. Anda perlu menutup mulut dengan siku atau tisu saat batuk dan bersin. Setelah itu, langsung cuci tangan Anda dengan menggunakan air bersih yang mengalir serta sabun. Mencuci tangan juga perlu dilakukan saat hendak makan, sebelum menyentuh wajah, dan setelah menyentuh permukaan benda yang juga dipegang oleh orang lain.

 

3. Memasak makanan bergizi dan matang

 

Selama masa pandemi, ibu hamil harus lebih banyak mengonsumsi makanan bergizi. Selain itu, masaklah makanan Anda hingga matang selama penyebaran virus corona masih berlangsung. Tidak hanya itu, makanan yang tidak matang dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan bayi selama dikandungan.

 

4. Memperhatikan gejala

 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ibu hamil perlu memperhatikan gejala yang mirip dengan covid-19. Misalnya jika ibu hamil menemukan gejala demam tinggi, batuk, dan sesak napas, segera lakukan pemeriksaan kepada layanan kesehatan. Deteksi awal ini tidak hanya baik bagi ibu hamil, tetapi juga mencegah penularan covid-19 pada orang lain.

5. Menjaga daya tahan tubuh

 

Langkah terakhir agar ibu hamil tidak terinfeksi corona adalah menjaga daya tahan tubuh. Pastikan ibu hamil tidak merokok dan memiliki durasi tidur yang cukup. Jika memungkinan, ibu hamil dapat melakukan olahraga secara rutin seperti berjalan ringan di sekitar rumah atau yoga.

 

Itulah cara-cara untuk mencegah covid-19 pada ibu hamil. Ingat, selalu penuhi kebutuhan nutrisi Anda dengan makanan yang bergizi dan seimbang. Sebab nutrisi tersebut tidak hanya untuk ibu, tetapi juga untuk Si Kecil.

 

Bantu dukung kehamilan dengan tubuh yang fit bersama Prenagen Mommy. Dengan formula PRENApro, Prenagen memberikan nutrisi kesehatan ibu hamil dengan gizi yang lengkap selama 1000 hari pertama kehidupan buah hati. Yuk Bunda dapatkan segera Prenagen Mommy dengan mudah di sini. Beli nutrisi ibu hamil, suplemen & susu hamil online mudah di KALBE Store. Karena KALBE Store menjual susu & nutrisi ibu hamil & menyusui online terbaik.

 

 

 

Prenagen Mommy memberikan nutrisi untuk kesehatan ibu hamil

 

 

 

Salam,

 

KALCare

 

 

 

 

Sumber:

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3637860/waspada-virus-corona-ini-yang-harus-dilakukan-ibu-hamil-dan-menyusui