Cara Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Lansia

Cara Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Lansia

Semakin lama, tubuh kita akan menjadi semakin tua dan terjadi perubahan pada sistem organ tubuh. Perubahan cara kerja sistem organ tubuh juga berpengaruh pada kebutuhan nutrisi yang harus dicukupi.

 

Ketika memasuki usia lansia, kebutuhan nutrisi juga akan berkurang karena terjadi penurunan massa tubuh dan tubuh tidak lagi memproduksi sistem metabolisme seperti sebelumnya. Tidak hanya perubahan fisik, perubahan psikis juga terjadi pada lansia.

 

Misalnya lebih sensitif terhadap aroma atau rasa karena kemampuan indera pengecapan semakin berkurang. Akibatnya banyak lansia yang menurun nafsu makannya sehingga kebutuhan gizi dan nutrisi sehari-harinya tidak terpenuhi. Lalu bagaimana cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada lansia?

 

Sediakan buah setiap hari

Memakan buah setiap hari merupakan cara yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi lansia. Buah memiliki banyak kandungan vitamin yang bisa melengkapi kebutuhan nutrisi lansia sehari-hari. Agar lebih mudah untuk mengkonsumsi buah, pilih buah yang memiliki tekstur lembut.

 

Konsumsi makanan tinggi kalsium

Salah satu resiko yang terjadi pada usia lansia adalah pengeroposan dan pengapuran tulang. Untuk mengurangi resiko ini, Anda dapat menyiapkan makanan yang tinggi kalsium dan vitamin D seperti susu dan ikan. Selain itu, sering terpapar sinar matahari di pagi hari juga membantu pembentukan vitamin D dalam tubuh.

 

Batasi konsumsi gula, lemak dan garam

Cara kerja sistem pencernaan dalam tubuh lansia sudah tidak semaksimal usia muda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengurangi gula, lemak dan garam. Mengkonsumsi makanan dengan garam berlebih dapat mempengaruhi sistem kerja ginjal untuk bekerja lebih berat. Konsumsi gula, lemak dan garam berlebih pada lansia dapat menambah resiko penyakit hipertensi, hiperkolesterol dan diabetes.

 

Lengkapi dengan suplemen pelengkap nutrisi

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi pada lansia adalah dengan menambahkan suplemen lengkap nutrisi setiap hari. Suplemen ini dapat berupa makanan cair sebagai pengganti makanan utama sehingga kebutuhan gizi lansia tetap tercukupi. Suplemen dengan nutrisi lengkap memiliki kelebihan lain yakni praktis dan mudah dicerna.

 

 

 

Salam,

KALBE Store