Cara Cegah Mual saat Hamil


Cara Cegah Mual saat Hamil

Cara Cegah Mual saat Hamil

Trimester pertama dalam kehamilan adalah masa dimana Ibu sering mengalami rasa mual. Mual pada trimester pertama disebabkan oleh perubahan hormon pada tubuh Ibu sehingga Ibu lebih sensitif terhadap aroma atau keadaan sekitar.

 

Perubahan hormon pada Ibu menyebabkan asam lambung meningkat sehingga timbul rasa mual. Jika Anda merasa mual pada saat hamil, lakukan cara berikut untuk mencegah rasa mual.

 

Hindari makanan penimbul gas

Salah satu penyebab mual adalah terdesaknya organ pencernaan karena adanya bayi. Jika Anda mengonsumsi makanan yang dapat menimbulkan gas, maka perut Anda akan terasa kembung. Makanan yang menimbulkan gas antara lain kol, nangka, dan makanan hasil fermentasi. Meskipun makanan tersebut bukan pantangan bagi ibu hamil, namun sebaiknya hindari untuk mencegah mual saat hamil.

 

Makan sedikit

Makan dengan porsi sedikit akan lebih memudahkan Ibu untuk tetap makan saat hamil. Jika Anda mengonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak, Anda akan merasa mual dan tidak menghabiskan makanan. Untuk mencegah mual saat hamil, konsumsi makan sedikit tetapi sering untuk mencukupi kebutuhan nutrisi. Makan makanan yang kaya karbohidrat karena karbohidrat dapat menghindarkan dari rasa mual dan lesu.

 

Minum cukup

Untuk mencegah rasa mual saat hamil, minum air putih cukup. Minum air putih hangat saat Anda merasa mual. Air putih hangat mampu menetralisir rasa mual selain itu rasa hangat lebih diterima usus dibanding dengan minum air es.

 

Jauhi makanan berlemak

Makanan berlemak dapat menjadi penyebab timbulnya rasa mual saat hamil. Makanan berlemak, misalnya gorengan, akan meninggalkan sisa minyak pada lidah dan usus sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman di perut dan membuat Anda mual.

 

Pilih susu hamil anti mual

Jika Anda merasa mual saat hamil terutama saat minum susu hamil, pilih susu hamil yang tidak membuat Anda mual. Sehingga kebutuhan asupan nutrisi untuk Anda dan bayi juga tetap terpenuhi.

 

Susu hamil kini sudah dilengkapi dengan kandungan terbaik untuk mengurangi rasa mual. Salah satu susu hamil yang terbukti secara klinis untuk menghilangkan mual dalam 3-10 hari adalah Prenagen Mommy Emesis. Susu Prenagen Emesis dilengkapi dengan Vit.B6, protein, dan zat besi yang baik untuk Ibu dan bayi.

 

Itulah beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk membantu menghilangkan mual saat trimester pertama atau saat hamil muda.

 

 

 

Salam,

KALBE Store