Cara Cegah Kolesterol Selama Natalan


Cara Cegah Kolesterol Selama Natalan

Cara Cegah Kolesterol Selama Natalan

Tidak terasa beberapa hari lagi hari raya Natal akan tiba. Walaupun perayaan natal tahun ini diliputi pandemi covid-19, bukan berarti kebahagiaan Natal Anda surut ya. Soalnya ada banyak cara untuk merayakan Natal bersama keluarga, walaupun memang tidak dapat menghabiskan waktu bersama keluarga besar.

 

Hampir sama dengan hari raya lainnya, perayaan Natal juga membuat Anda perlu melakukan persiapan khusus. Tidak hanya pohon natal, tetapi juga ada berbagai santapan spesial yang Anda buat khusus untuk merayakan Natal bersama keluarga. Mulai dari makanan utama, hingga berbagai hidangan kue spesial untuk disantap saat berkumpul bersama keluarga di rumah.

 

cara mencegah kolesterol selama hari natal

 

Tetapi sayangnya, sajian Natal kebanyakan hanya memberikan kenikmatan di mulut saja lho Fams. Sebab rata-rata jenis makanan yang disajikan pada saat hari raya Natal cenderung berlemak dan memiliki kalori yang tinggi. Tentu ini dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan Anda, seperti kenaikan kadar kolesterol di dalam tubuh. Kondisi ini pastinya dapat merugikan Anda. Seharusnya merayakan suka cita Natal, tetapi malah menderita sakit. Untuk itu, Anda perlu melakukan beberapa hal berikut sebagai upaya pencegahan kolesterol selama hari raya Natal.

 

1. Sarapan dengan makanan yang sehat

Pada hari Natal, biasanya makanan spesial hari raya akan disantap pada malam Natal dan siang di hari Natal. Demi menghindari kolesterol melonjak, Anda bisa memulai dua hari tersebut dengan mengonsumsi sarapan yang sehat. Misalnya dengan mengonsumsi oatmeal, buah-buahan segar, hingga kacang-kacangan. 3 jenis makanan tersebut merupakan makanan yang dapat menurunkan kolesterol. Jadi saat Anda mengonsumsi makanan tinggi kolesterol pada makan siang atau makan malam, Anda dapat mengurangi kenaikan kadar kolesterol yang tinggi.

 

2. Membatasi porsi makanan

Setiap hari raya biasanya setiap keluarga akan menyajikan banyak makanan spesial. Variasi makanan ini tentu akan menggugah selera Anda, sehingga muncul keinginan untuk mencicipi semua makanan. Untuk mengurangi keinginan tersebut, Anda disarankan menggunakan piring kecil saat mengambil makanan. Penggunaan piring kecil ini dapat membatasi keinginan Anda untuk banyak mengambil makanan pada hari Natal. Lalu, kunyah makanan dengan perlahan dan jangan memikirkan makanan apa yang hendak disantap selanjutnya sebelum menghabiskan makanan yang ada di piring. Sebab kedua hal itu akan membuat Anda makan lebih banyak.

 

3. Jalan sesudah makan

Selain mengurangi makanan berlemak, penderita kolesterol dianjurkan untuk tetap melakukan aktivitas fisik untuk menjaga kadar kolesterol di dalam darah. Hal ini dapat Anda lakukan, bahkan setelah makan. Tidak perlu melakukan olahraga berat kok Fams! Cukup berjalan santai sejenak di dalam atau di luar rumah setelah makan. Anda dapat mengajak keluarga saat melakukan jalan santai agar lebih menyenangkan. Dengan begitu, Anda dapat mencegah kenaikan kadar kolesterol sekaligus bercengkerama dengan keluarga.

 

4. Mengomsumsi sayur dan buah

Selain makanan berat dan kue, upayakan hari raya tetap menyediakan sayur dan buah. Sebab keduanya merupakan sumber serat yang dapat melancarkan saluran cerna dan membuat kenyang lebih lama. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengonsumsi makanan Natal secara berlebihan.

 

5. Mengomsumsi Nutrive Benecol

Cara terakhir untuk mencegah kolesterol selama hari Natal, adalah mengonsumsi Nutrive Benecol. Nutrive Benecol merupakan minuman smoothie yang mengandung Plant Stanol Ester yang teruji dapat menurunkan kadar kolesterol hingga 10% jika dikonsumsi secara teratur. Minum Nutrive Benecol 2 botol sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Anda bisa mendapatkan Nutrive Benecol dalam 4 varian rasa di sini.

 

cegah kolesterol selama Natal dengan Nutrive Benecol

 

Itulah 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kolesterol. Silahkan diterapkan di rumah ya Fams! Agar perayaan Natal tahun ini Anda tetap sehat dan bahagia berkumpul bersama keluarga. Selamat Natal!

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3635917/kiat-menjaga-kolesterol-tetap-aman-di-hari-natal