Cara Atasi Sembelit di Masa Kehamilan


Cara Atasi Sembelit di Masa Kehamilan

Cara Atasi Sembelit di Masa Kehamilan

Di masa kehamilan, ibu hamil harus mengonsumsi makanan sehat. Konsumsi susu ibu hamil juga diperlukan. Akan tetapi, ada satu masalah yang kerap dialami oleh ibu hamil. Masalah tersebut adalah sembelit. Sembelit sendiri lazim dialami oleh ibu hamil. Seberapa serius sembelit yang dirasakan? Semua itu bisa sangat beragam. Ada yang ringan ada juga yang berat. Sembelit dalam tingkatan berat inilah yang menjadi masalah. Tak jarang, ibu hamil butuh obat tertentu untuk mengatasinya. Memperolehnya memang tidak sulit. Namun selain mengandalkan obat, Anda juga bisa mencoba cara berikut ini.

 

Konsumsi Cukup Serat

Sudah menjadi rahasia umum jika serat sangat baik untuk pencernaan. Mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup akan meningkatkan kinerja usus dan mencegah munculnya sembelit. Serat sendiri sangat mudah dijumpai pada sayuran dan buah. Beberapa sumber karbohidrat juga mengandung serat yang cukup tinggi. Misalnya saja seperti oat, roti gandum dan beras merah.

 

Kurangi Konsumsi Daging

Ibu hamil memang membutuhkan banyak nutrisi. Akan tetapi, Anda tetap harus mengontrol konsumsi makanan dengan baik. Daging adalah salah satu jenis makanan yang dapat meningkatkan risiko sembelit. Itulah kenapa konsumsinya harus dibatasi. Lagipula daging bukanlah satu-satunya sumber protein ataupun lemak. Telur juga tidak kalah untuk urusan kandungan nutrisi.

 

Banyak Minum Air Putih

Bisa dibilang air putih adalah minuman terbaik yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun siapa sangka jika cukup dengan mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup Anda sudah bisa menekan risiko sembelit? Terpenuhinya kebutuhan cairan membantu sistem pencernaan agar bekerja lebih baik. Perut juga terasa lebih nyaman. Meski demikian, Anda tetap perlu mengonsumsi susu ibu hamil.

 

Aktif Bergerak

Meski sedang hamil, Anda tetap butuh aktivitas fisik. Aktivitas fisik seperti ini akan merangsang otot perut dan membuatnya bekerja lebih baik. Jangan lupa untuk berolahraga juga. Pilih jenis olahraga yang tidak terlalu membebani. Yoga dan senam hamil adalah beberapa contoh jenis olahraga yang cocok untuk ibu hamil.

 

 

Mungkin sembelit tidak sepenuhnya bisa dihindari. Namun setidaknya, Anda bisa menekan risikonya. Konsumsi makanan sehat dan minum susu ibu hamil. Susu Prenagen akan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi Anda dan janin.

 

 

 

Salam,

KALBE Store