Tidak Perlu Minum Obat, Ini Cara Atasi Mual Saat Hamil Muda


Tidak Perlu Minum Obat, Ini Cara Atasi Mual Saat Hamil Muda

Tidak Perlu Minum Obat, Ini Cara Atasi Mual Saat Hamil Muda

Trimester pertama kehamilan merupakan masa-masa terjadinya banyak perubahan signifikan pada kondisi tubuh. Perubahan hormon memicu berbagai reaksi. Itulah kenapa ibu hamil muda kerap merasakan mual dan muntah. Kondisi seperti ini bisa sangat mengganggu. Jangankan untuk beraktivitas. Untuk mengonsumsi makanan sehat dan susu ibu hamil saja cukup menyulitkan. Meski demikian, jangan terburu-buru mengonsumsi obat mual. Sebelum mengandalkan obat-obatan, cobalah cara berikut ini.

 

Mengonsumsi Buah

Dibalik rasanya yang menyegarkan, buah juga mampu mengatasi rasa mual selama hamil muda. Tapi ada satu catatan. Buah yang dimaksud adalah buah yang sudah didinginkan. Buah yang berada dalam suhu ruangan umumnya tidak memberi dampak signifikan ataupun mengurangi mual yang dirasakan. Selain itu, kandungan serat, vitamin dan mineral di dalamnya juga baik untuk kesehatan.

 

Minum Jahe Hangat

Jahe telah lama dimanfaatkan untuk mengurangi rasa mual. Kandungan minyak atsiri di dalamnya dan aromanya yang menyegarkan dapat juga dimanfaatkan sebagai aroma terapi. Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk minuman hangat. Dengan mengonsumsinya, pikiran juga jadi lebih tenang.

 

Jauhi Bau-Bau Menyengat

Penciuman ibu hamil yang semakin sensitif terkadang bisa membawa masalah. Bau menyengat sedikit saja terasa begitu tajam. Agar perut tidak mual, jauhi bau-bauan seperti ini. Bukan hanya bau menyengat dari makanan saja. Bau-bauan seperti bensin dan asap knalpot juga bisa memicu reaksi serupa. Jika ingin mengonsumsi susu ibu hamil, sebaiknya pilih yang baunya tidak tajam. Misalnya saja susu rasa cokelat.

 

Olahraga

Jika perut mulai terasa mual, cobalah untuk melakukan olahraga ringan. Jalan-jalan misalnya. Selain bisa mengurangi mual, olahraga ringan seperti ini juga baik untuk menjaga kebugaran tubuh.

 

 

Memang cukup sulit untuk membiasakan diri dengan semua perubahan yang terjadi di masa kehamilan. Bahkan untuk mengonsumsi makanan sehat saja bisa cukup menantang. Agar tetap bisa mengonsumsi makanan sehat tanpa terganggu dengan rasa mual, Anda bisa mengatasinya dengan makan dalam porsi sedikit namun lebih rutin. Konsumsi susu ibu hamil juga penting. Karena dengan susu hamil seperti Susu Prenagen inilah, nutrisi yang diperoleh semakin lengkap.

 

 

 

Salam,

KALBE Store