Cara Atasi Anak yang Susah Makan

Cara Atasi Anak yang Susah Makan

Selama masa pertumbuhan, anak membutuhkan asupan nutrisi lengkap setiap harinya. Makanan sehat diupayakan untuk selalu tersedia. Begitu pula dengan susu formula sebagai pelengkap makanan harian. Tapi bagaimana jadinya kalau si kecil susah makan? Semua usaha tersebut tentu akan sia-sia. Sebagai orang tua yang memiliki anak yang susah makan, rasa khawatir pasti dirasakan. Namun dengan langkah-langkah berikut ini, masalah ini pasti bisa diatasi.

 

Cari Penyebab Si Kecil Tidak Mau Makan

Tidak ada asap tanpa api. Begitu pula dengan sikap anak yang tidak mau makan. Di balik semua itu, pasti ada penyebabnya. Penyebab ini bisa beragam. Bisa karena anak memang sedang sakit, ada masalah psikologis atau karena perubahan pola makan. Rasa bosan juga bisa menjadi salah satu penyebab anak susah makan. Anda bisa menanyakan hal tersebut pada anak atau memperhatikannya. Dari sini, Anda bisa mengetahui penyebab yang sesungguhnya.

 

Sediakan Makanan yang Lebih Beragam

Anda bisa menjadi penentu makanan yang hendak dihidangkan kepada anak. Akan tetapi pada akhirnya anaklah yang akan memilih dan memutuskan untuk memakannya atau tidak. Untuk meningkatkan peluang agar si kecil mau makan, cobalah untuk menghidangkan beberapa makanan. Sebaiknya hidangkan makanan yang berbeda dari hari-hari biasanya. Meski demikian, kandungan gizinya tetap harus diperhatikan. Jangan lupa juga dengan susu formula untuk anak.

 

Kenalkan dengan Makanan Baru

Jika penyebab si kecil sudah makan adalah karena merasa bosan dengan makanan yang biasa ia konsumsi, cobalah untuk memperkenalkannya dengan makanan baru. Buat makanan tersebut terlihat menarik. Variasi makanan yang disediakan sebaiknya juga jangan terlalu beragam. Hal ini dilakukan agar si kecil tidak terlalu kaget.

 

 

Menghadapi anak yang susah makan butuh lebih dari sekedar strategi jitu. Anda juga membutuhkan waktu dan kesabaran. Jangan pernah memaksa anak untuk makan. Cara ini mungkin terdengar lebih mudah dan baik sebagai solusi jangka pendek. Namun bisa dipastikan, ke depannya si kecil justru akan memiliki lebih banyak alasan untuk menolak makanan yang Anda sajikan. Beri pula susu formula untuk membantu melengkapi kebutuhan nutrisinya. Pilihlah susu yang memiliki gizi seimbang. Untuk yang satu ini, Susu Morinaga bisa jadi pilihan yang cocok.

 

 

 

Salam,

KALBE Store