Cara Alami Turunkan Kolesterol Pada Ibu Hamil

Cara Alami Turunkan Kolesterol Pada Ibu Hamil

Selama kehamilan, sangat penting bagi ibu hamil untuk memantau kondisi kesehatannya. Cek kesehatan perlu dilakukan jauh-jauh hari sejak masa persiapan kehamilan. Salah satu komponen yang perlu diperiksa adalah kadar kolesterol. Pengecekan kadar kolesterol juga perlu dilakukan secara berkala. Karena bukan main-main. Dampaknya bagi kesehatan ibu dan janin bisa sangat serius. Kontrol terhadap kadar kolesterol ini tentu tidak bisa dilakukan hanya dengan makan makanan bergizi ataupun minum susu ibu hamil. Agar kolesterol tidak melonjak, Anda juga memerlukan cara berikut ini.

 

Jauhi Lemak Jahat

Penyebab kolesterol tinggi adalah konsumsi lemak jahat yang tidak dikontrol. Lemak jahat ini biasa dijumpai pada makanan yang digoreng, kue kering hingga keripik. Jauhi makanan-makanan tersebut. Jika ingin makan makanan yang digoreng, ganti minyaknya dengan minyak yang lebih sehat. Meski demikian, akan jauh lebih baik jika Anda menggantinya dengan lemak baik seperti yang bisa dijumpai pada buah alpukat.

 

Minum Banyak Air Putih

Tercukupinya kebutuhan air putih setiap hari juga bisa membantu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Air putih juga baik untuk menghidrasi tubuh. Banyaknya air yang harus dikonsumsi memang beragam sesuai dengan kebutuhan. Namun secara umum, konsumsinya tidak boleh kurang dari 8 gelas sehari. Selain itu, jangan lupa juga mengonsumsi susu ibu hamil untuk membantu melengkapi kebutuhan gizi.

 

Lakukan Olahraga Ringan

Meski sedang hamil sekalipun, Anda perlu berolahraga secara rutin. Dengan olahraga ini jugalah kalori dan lemak berlebih dibakar. Tidak perlu melakukan olahraga berat. Pilih saja olahraga ringan seperti senam hamil atau yoga. Intinya di sini adalah jangan terlalu memaksakan diri. Olahraga atau aktivitas fisik yang berlebihan juga bisa berbahaya bagi ibu hamil.

 

 

Oatmeal, brokoli, teh, air jeruk nipis dan anggur merah juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol secara alami. Anda bisa mengonsumsinya secara bergantian agar tidak bosan dan memperoleh nutrisi yang lebih beragam. Meski demikian, konsumsi susu ibu hamil juga harus dijaga. Melalui susu hamil seperti Susu Prenagen inilah kebutuhan nutrisi harian semakin disempurnakan.

 

 

 

Salam,

KALCare