Cara Alami Meningkatkan Daya Ingat

Cara Alami Meningkatkan Daya Ingat

Pelupa sering kali dikaitkan dengan pertambahan usia. Memang ada benarnya jika seseorang yang semakin tua akan mengalami penurunan daya ingat. Tetapi, lupa juga bisa dialami oleh orang-orang yang masih berusia muda lho.

 

Menurunnya daya ingat alias pelupa pada Anda tentu akan mengganggu produktivitas. Apalagi jika Anda mengalami lupa saat berada dalam keadaan atau waktu yang sibuk. Sehingga tidak jarang Anda akan merasa kesal atau frustasi karena melupakan sesuatu.

 

 

 

awas, kebiasaan buruk bisa menyebakan Anda cepat lupa

 

 

 

Tapi tahukah Anda, menurunnya daya ingat bisa merupakan gejala awal penyakit demensia. Demensia merupakan sindrom yang berkaitan dengan kemampuan fungsi otak. Maka dari itu, penderita demensia akan mengalami penurunan daya ingat, kemampuan berpikir, memahami sesuatu, melakukan pertimbangan, memahami bahasa, hingga kecerdasan mental.

 

Nah tentu Anda tidak mau kan diri sendiri atau orang yang tercinta menderita demensia? Untuk itu ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan daya ingat sehingga mencegah demensia. Yuk ikuti kiat-kiat berikut ini!

 

1. Kurangi konsumsi gula

 

Selain menyebabkan diabetes, terlalu banyak mengonsumsi gula juga berpengaruh terhadap daya ingat. Dalam sebuah penelitian, didapatkan orang yang banyak mengonsumsi gula kemungkinan memiliki ingatan yang lebih buruk dibanding mereka yang melakukan hal sebaliknya. Bahkan volume otak orang yang banyak mengonsumsi gula juga lebih rendah. Untuk itu kurangi konsumsi gula harian Anda untuk meningkatkan daya ingat secara alami.

 

2. Istirahat cukup

 

Orang dewasa memang dianjurkan untuk tidur dengan durasi 7-9 jam setiap malam. Selain untuk menjaga kesehatan, tidur yang cukup akan membantu mengonsolidasi ingatan serta membuat tubuh lebih segar. Kurang tidur akan menyebabkan ingatan Anda memburuk dalam beberapa waktu. Tidak hanya pada orang dewasa, istirahat yang cukup juga akan meningkatkan kinerja otak balita. Sehingga balita yang dibiasakan untuk tidur siang akan memiliki kemampuan kognitif yang lebih baik pada saat dewasa nanti.

 

3. Perhatikan asupan makanan

 

Makanan beserta nutrisi yang Anda konsumsi juga berpengaruh terhadap kemampuan daya ingat. Pertama Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D. Sebab jika kadar vitamin D dalam tubuh Anda kurang, maka akan terjadi juga penurunan fungsi ingatan. Untuk mendapatkan vitamin D, Anda dapat mengonsumsi ikan tuna, salmon, dan kuning telur.

 

Mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan juga baik bagi kesehatan otak karena mengurangi stres oksidatif. Dapatkan antioksidan melalui buah-buahan, sayur, teh, dan cokelat. Anda juga dapat mengonsumsi Blackmores Ginkgo Action untuk meningkatkan daya ingat. Sebab Suplemen dari Blackmores yang satu ini mengandung ginkgo biloba yang dapat meningkatkan sirkulasi darah ke otak.

 

 

 

cegah lupa dan demensia dengan Blakcmores Ginkgo Action

 

 

 

4. Teratur berolahraga

 

Olahraga juga penting dalam meningkatkan daya ingat Anda agar tidak mudah lupa. Bahkan manfaat bagi otak ini dapat dinikmati tidak hanya orang dewasa, tapi juga anak-anak dan lansia. Olahraga akan membuat peningkatan pada sekresi protein pelindung saraf. Olahraga juga meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan neuron yang menunjang kesehatan otak Anda.

 

5. Pertahankan berat badan yang sehat

 

Cara alami terakhir untuk meningkatkan daya ingat adalah mempertahankan berat badan yang sehat. Sebab berdasarkan beberapa penelitian, obesitas merupakan faktor dalam penurunan kognitif. Obesitas juga menyebabkan resistensi insulin dan peradangan yang memberikan dampak negatif pada otak. Seseorang yang mengalami obesitas juga lebih rentan terkena penyakit alzheimer, sebab adanya perubahan negatif yang menghancurkan fungsi memori dan kognitif otak.

 

 

 

berat badan berlebih juga menyebabkan penurunan daya ingat

 

 

 

Itulah 5 cara alami untuk meningkatkan daya ingat Anda agar tidak mudah lupa dan mencegah demensia pada usia lanjut. Yuk langsung saja diterapkan agar Anda tidak disebut “si pikun” oleh teman atau kerabat. Nah, satu hal lagi nih yang tidak boleh Anda lupakan, yaitu membeli suplemen dan vitamin Blackmores Ginkgo Action. Anda bisa klik di sini karena menjual suplemen makanan dan vitamin dewasa terbaik online.

 

Salam,

 

KALBE Store

 

 

 

 

Sumber:

Popmama.com

Tipspengembangandiri.com

Detik.com