Cara Alami Menaikkan Hemoglobin Secara Alami

Cara Alami Menaikkan Hemoglobin Secara Alami

Tentu Anda kenal dengan hemoglobin bukan Fams? Hemoglobin merupakan protein yang terdapat di dalam sel darah merah. Hemoglobin sendiri memiliki fungsi sebagai pembawa oksigen ke seluruh tubuh, serta membantu organ paru-paru dalam mengeluarkan karbon dioksida dari tubuh.

 

Pada beberapa kondisi, kadar hemoglobin di dalam tubuh dapat menurun. Kondisi ini tentu dapat mengganggu fungsi kesehatan. Sehingga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Maka dari itu, kondisi kekurangan hemoglobin tidak boleh disepelekan ya Fams. Nah, berikut ini ada beberapa cara alami untuk meningkatkan hemoglobin di dalam tubuh.

 

pentingnya kandungan hemoglobin di dalam tubuh

 

1. Mengonsumsi makanan kaya zat besi

Cara pertama untuk meningkatkan hemoglobin adalah dengan mengonsumsi makanan yang tinggi akan zat besi. Sebab kekurangan zat besi menjadi penyebab utama hemoglobin yang rendah. Zat besi memiliki fungsi sebagai pendorong produksi hemoglobin dan membantu pembentukan sel darah merah. Ada banyak makanan yang mengandung zat besi. Di antaranya daging, ikan, kedelai beserta produk olahannya, telur, buah kering, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Bagi pria berusia 19-50 tahun, direkomendasikan mengonsumsi zat besi mencapai 8 miligram setiap hari. Sedangkan perempuan usia 19-50 tahun mengonsumsi 18 mg zat besi setiap harinya.

 

2. Mengonsumsi makanan kaya vitamin C dan vitamin A

Makanan selanjutnya yang dapat meningkatkan hemoglobin adalah makanan yang mengandung vitamin C. Sebab zat besi tidak dapat diserap dengan baik jika tubuh kekurangan vitamin C. Untuk itu, Anda disarankan mengonsumsi makanan mengandung vitamin C seperti buah jeruk, lemon, tomat,  dan sayuran hijau.

 

Selain vitamin C, Anda dapat memaksimalkan penyerapan zat besi dengan mengonsumsi makanan yang tinggi akan vitamin A. Anda bisa mendapatkan vitamin A melalui makanan hewani seperti ikan, daging, dan hati. Kemudian ada juga beta karoten yang juga dapat membantu produksi zat besi seperti mengonsumsi wortel, ubi, dan mangga.

3. Mengonsumsi makanan kaya asam folat

Asam folat merupakan vitamin B kompleks yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Jika kadar asam folat di dalam tubuh rendah, makan kadar hemoglobin juga dapat menurun. Sebab asam folat memproduksi heme, yang merupakan komponen hemoglobin yang membantu mengangkut oksigen. Tanpa folat, sel darah merah tidak akan sempurna atau matang. Maka dari itu, Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat melalui kacang-kacangan, pisang, brokoli, hati, dan sayuran hijau.

 

4. Mengonsumsi suplemen zat besi

Cara selanjutnya untuk meningkatkan kadar hemoglobin yang rendah adalah dengan memberikan suplemen zat besi. Salah satunya dengan memberikan suplemen Sakatonik Liver Sirup. Sakatonik Liver merupakan suplemen kesehatan yang membantu memenuhi kebutuhan zat besi, bahkan bagi penderita anemia. Suplemen ini juga dapat menambah darah, nafsu makan, serta menguatkan tubuh. Karena Sakatonik Liver mengandung vitamin B1, B12, B6, vitamin C Nikotinamid, dan Ferro-Sulfat. Untuk mendapatkan manfaat ini, disarankan Anda meminum Suplemen Sakatonik Liver setiap 3 kali sehari, satu sendok makan. Dapatkan segera Sakatonik Liver dengan mudah di sini.

 

cara alami meningkatkan kadar hemoglobin

 

5. Membatasi makanan tinggi kalsium

Mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi perlu diimbangi dengan makanan yang tinggi kalsium. Sebab makanan yang kaya kalsium akan membuat tubuh sulit menyerap zat besi. Tetapi, bukan berarti Anda harus berhenti mengonsumsi makanan yang tinggi kalsium ya Fams! Cukup atur saja konsumsi makanan tinggi zat besi dan makanan tinggi kalsium agar jaraknya tidak dekat atau bahkan bersamaan. Misalnya seperti saat Anda memberi jarak saat mengonsumsi susu dengan makanan olahan kedelai.

 

Itulah cara alami yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan hemoglobin. Tentu ini penting bagi Anda yang mengalami anemia atau ibu hamil. Bahkan kadar hemoglobin juga perlu sesuai saat Anda hendak melakukan aksi sosial seperti donor darah. Yuk, jaga kesehatan Anda dengan menaikkan kadar hemoglobin secara alami dan suplemen Sakatonik Liver Sirup.

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20201103102053-255-565249/5-cara-meningkatkan-hemoglobin