Bunda, Ini 5 Manfaat Berpuasa Bagi Si Kecil


Bunda, Ini 5 Manfaat Berpuasa Bagi Si Kecil

Bunda, Ini 5 Manfaat Berpuasa Bagi Si Kecil

Ibadah puasa pada anak memang tidak diwajibkan. Tetapi tidak ada salahnya juga jika orang tua mengajarkan anak berpuasa. Sebagai permulaan, biasanya anak akan menjalankan puasa setengah hari atau hingga zuhur.

 

Bagi anak-anak, menjalankan puasa mungkin sebuah tantangan. Apalagi puasa dilakukan selama sebulan penuh. Tapi, tahukah Anda bahwa berpuasa ternyata memiliki beragam manfaat. Mau tau apa saja? Yuk simak 5 manfaat berpuasa bagi anak berikut ini.

 

1. Menjaga kesehatan tubuh

 

Menurut British Nutrition Foundation, pola makan puasa yang terjadwal membuat racun di dalam tubuh ikut terbuang. Hal ini terjadi karena anak tidak makan dan minum selama 12 jam. Tidak hanya itu, beberapa peneliti juga menemukan bahwa puasa dapat menurunkan berat badan dan kolesterol, trigliserida, dan mengurangi stres.

 

Tetapi orang tua juga perlu memperhatikan kebutuhan nutrisi anak karena masih dalam usia pertumbuhan. Misalnya dengan menyajikan menu sahur dan berbuka yang bernutrisi, buah, serta susu Morinaga Chil School Platinum. Dengan Triple Bifidus, Morinaga Chil School Platinum dapat meningkatkan fungsi saluran cerna, mencegah diare dan sembelit, serta mendukung penyerapan nutrisi yang lebih baik. Anda juga dapat melakukan konsultasi dengan dokter anak atau ahli gizi untuk mengetahui kondisi kesehatan anak sebelum berpuasa.

 

 

 

dukung anak berpuasa dengan nutrisi dari Morinaga Chil School Platinum

 

 

 

2. Melatih kedisiplinan dan kesabaran

 

Puasa dapat membantu anak untuk membentuk karakter dan kepribadiannya. Untuk berpuasa, anak tentu harus belajar menyesuaikan diri dengan waktu makan, tidur, dan beribadah. Secara tidak langsung, anak belajar untuk disiplin dalam melakukan segala aktivitas selama berpuasa. Dengan begitu anak dapat terbiasa untuk mematuhi peraturan agar hidup lebih teratur dan disiplin.

 

Puasa memiliki salah satu aturan untuk tidak makan dan minum mulai dari matahari terbit hingga terbenam. Artinya, anak harus menahan diri untuk tidak makan dan minum sampai pada waktu berbuka. Tentu kegiatan ini dapat melatih anak agar lebih bersabar.

 

3. Mengajarkan bersyukur

 

Setelah menahan lapar dan haus selama berpuasa, anak dapat berbuka dengan makanan yang Anda sediakan. Saat berbuka puasa inilah anak dapat belajar untuk bersyukur atas rezeki yang diterima olehnya melalui makanan dan minuman. Serta bersyukur atas keberadaan orang tua dan keluarga di dekatnya yang mendukung dalam berpuasa.

 

 

 

berpuasa mengajarkan anak untuk bersyukur atas rezeki yang didapatkan

 

 

 

4. Mengontrol emosi

 

Puasa dapat membantu anak dalam mengontrol emosi dan keinginannya. Sebab puasa juga mewajibkan anak untuk menghindari perbuatan buruk seperti marah, berbohong, atau sering menangis. Kebiasaan mengontrol perbuatan buruk ini akan membuat kepribadian anak menjadi lebih baik.

 

5. Menumbuhkan rasa empati

 

Bulan Ramadhan memang dimanfaatkan juga untuk berbagi kebaikan kepada sesama dengan cara bersedekah. Dengan memberi sedekah kepada orang yang membutuhkan, anak akan belajar untuk menghargai, mengekspresikan diri, dan bersosialisasi. Memang di tengah penyebaran covid-19 perlu juga untuk melakukan social distancing. Tetapi juga bisa menjadi sarana bagi anak untuk memberikan bantuan penanganan covid-19 yang kini dapat dilakukan secara online. Mengajak Si Kecil menyiapkan menu berbuka dan sahur juga merupakan cara melatih empati, karena anak akan belajar untuk melayani sesama anggota keluarganya.

 

Itulah 5 manfaat yang didapatkan Si Kecil melalui berpuasa. Yuk dukung pembelajaran puasa Si Kecil dengan Morinaga Chil School Platinum yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di sini. Sebab KALBE Store menjual susu formula terbaik & susu pertumbuhan anak online. Temukan berbagai promo susu formula anak terbaik & susu pertumbuhan anak hanya di KALBE Store.

 

Salam,

 

KALCare

 

 

 

 

 

Sumber:

https://www.liputan6.com/ramadan/read/4229604/7-manfaat-puasa-bagi-anak-ajarkan-sejak-dini#