Bulan Depan, Vaksin Covid-19 Masuk ke Indonesia


Bulan Depan, Vaksin Covid-19 Masuk ke Indonesia

Bulan Depan, Vaksin Covid-19 Masuk ke Indonesia

Fams, ada kabar gembira di penghujung tahun 2020. Tepatnya pada bulan November, vaksin covid-19 sudah tersedia di Tanah Air. Pemerintah Indonesia rencananya akan mendatangkan 3 vaksin dari Tiongkok, yaitu CanSino, Sinovac Biotech, dan G42/Sinopharm.

 

Kedatangan vaksin ini merupakan upaya kerjasama antara Pemerintah Indonesia dengan 3 produsen vaksin covid-19 yang diwakilkan oleh Menteri Luar Negeri, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, serta Menteri Kesehatan. Ketiga perusahaan vaksin tersebut sudah masuk pada tahap akhir uji klinis. Pada tahap ketiga ini, sedang dalam proses mendapatkan Emergency Use Authorization (EUA) dari sejumlah Negara.

 

Detail 3 vaksin covid-19 yang akan masuk ke Indonesia

 

bulan November akan dimulai vaksinasi 3 vaksin covid-19

 

Masing-masing produsen vaksin covid-19 memiliki kapasitas produksi yang berbeda. Namun, direncanakan ada sekitar 6,6 juta dosis vaksin covid-19 yang akan langsung diuji coba pada masyarakat Indonesia. Berikut ini merupakan informasi mengenai vaksin yang akan masuk ke Indonesia pada bulan November.

1. CanSino

CanSino Biologic Inc merupakan perusahaan pertama yang menerima hak paten teknologi pembuatan vaksin covid-19. Hak ini telah diajukan sejak 18 Maret 2020, dan disetujui pada 11 Agustus 2020. Sejauh ini, CanSino tengah melakukan uji klinis tahap tiga pada sejumlah negara seperti Tiongkok, Pakistan, Rusia, dan Arab Saudi. Untuk distribusi vaksin covid-19 ke Indonesia, CanSico sepakat mengirimkan sebanyak 100.000 vaksin dosis tunggal pada bulan November 2020. Selanjutnya akan dikirimkan sekitar 15-20 juta vaksin hingga tahun 2021.

 

2. Sinovac Biotech

Sinovac Biotech merupakan perusahaan biofarmasi lainnya asal Tiongkok yang fokus dalam memproduksi dan menjual vaksin untuk mencegah penyakit menular. Sinovac sendiri akan melakukan uji klinis tahap 3 di negara Tiongkok, Indonesia, Chili, Bangladesh, Brazil, dan Turki. Uji klinis tahap 3 di Indonesia bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran Bandung. Cara kerja vaksin ini menggunakan metode inactivated, yaitu membuat virus menjadi nonaktif, serta memancing respon imun. Distribusi vaksin Sinovac di Indonesia hingga akhir tahun 2020 adalah sebanyak 3 juta dosis yang terdiri dari dosis tunggal dan bentuk konsentrat ready to fill (bulk).

 

3. G42/Sinopharm

Vaksin ini merupakan hasil dari pengembangan Institut Produk Biologi Beijing dan Institut Produk Biologi Wuhan. Keduanya merupakan anak dari perusahaan farmasi asal Tiongkok, yaitu China National Biotech Group (CNBG). G42/Sinopharm sedang melakukan uji klinis tahap 3 yang digelar pada negara Tiongkok, Peru, Uni Emirat Arab (UEA), Argentina, dan Maroko. Sejak bulan Juli 2020, vaksin ini telah diuji pada petugas kesehatan dan inspektur perbatasan di Tiongkok. Vaksin G42/Sinopharm menggunakan metode inactivated, yang dapat membuat virus menjadi nonaktif dan dapat bekerja memancing respon imun tubuh. Sebanyak 5 juta dosis vaksin G42/Sinopharm akan diimpor ke Indonesia pada bulan November 2020.

Pemberian vaksin harus mengantongi izin resmi

 

Menurut ahli biologi molekuler Profesor Amin Soebandrio, jadwal vaksinasi yang diselenggarakan pada bulan November mungkin saja dilakukan segera pada masa pandemi. Namun tentunya vaksin harus sudah mendapat izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM serta Kemenkes. Karena peredaran serta pemberian vaksin merupakan kewenangan dari kedua lembaga tersebut. Untuk itu sebagian besar vaksin sedang dalam proses uji klinis di Indonesia.

 

Target vaksinasi utama adalah tenaga medis

 

Menurut Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, vaksinasi di Indonesia akan dilakukan secara bertahap. Pada tahap awal, vaksin akan diprioritaskan kepada tenaga medis. Baru setelah itu pelayan publik, TNI atau Polri, dan seluruh tenaga pendidik. Pemberian vaksin ini juga diimbangi dengan pelatihan vaksinasi pada tenaga kesehatan tentang tata cara vaksinasi covid-19. Sehingga vaksin yang sudah sampai di Indonesia dapat segera dilakukan simulasi pada fasilitas kesehatan.

Walaupun masih perlu menunggu giliran untuk mendapatkan vaksinasi, diharapkan masyarakat tetap menjaga kesehatan dalam mencegah penyebaran virus covid-19. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan menggunakan air bersih dan sabun, menghindari menyentuh mata, hidung, dan mulut, serta menggunakan masker saat keluar rumah. Jika perlu dukung kesehatan Anda dengan mengonsumsi suplemen kesehatan H2 Shark Liver Oil yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di sini.

 

jaga kesehatan selama pandemi dengan suplemen H2 Shark Liver Oil

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3644851/fakta-3-vaksin-corona-yang-akan-tersedia-bulan-november

https://www.kompas.com/sains/read/2020/10/15/140000623/vaksinasi-november-uji-klinis-vaksin-covid-19-tetap-sesuai-jadwal?page=all