Bubur Beras Merah Pisang Ambon


Bubur Beras Merah Pisang Ambon

Bubur Beras Merah Pisang Ambon

Membuat kreasi Makanan Pendamping ASI atau MPASI memang diperlukan untuk mendukung tumbuh kembang anak yang optimal melalui berbagai macam nutrisi. Ada berbagai macam makanan yang bisa Anda coba berikan kepada Si Kecil. Salah satunya adalah buah-buahan yang dijadikan sebagai MPASI.

 

Kali ini, KALCare akan memberikan referensi resep MPASI yang menggabungkan antara buah-buahan dengan Milna Bubur Organik Beras Merah. Buah yang digunakan dalam resep ini terdiri dari dua jenis, yaitu jeruk manis atau baby orange, serta pisang ambon. Yuk Fams, langsung saja disimak resep MPASI Bubur Beras Merah Pisang Ambon berikut ini.

Bubur Beras Merah Pisang Ambon

(usia 6-12 bulan)

 

Bahan:

20 gr Milna Bubur Organik Beras Merah

20 gr pisang ambon

75 ml air panas

50 ml air perasan jeruk manis atau baby orange

 

Cara membuat:

  1. Kupas buah pisang ambon, dan lumatkan dengan menggunakan sendok. Sisihkan sementara.
  2. Campurkan Milna Bubur Organik Beras Merah dengan air panas, aduk hingga tercampur rata.
  3. Tambahkan air perasan jeruk manis atau baby orange serta lumatan pisang ambon ke dalam bubur Milna Organik Beras Merah, aduk rata.
  4. Bubur beras merah pisang ambon siap untuk disajikan.

 

Mudah sekali bukan membuat kreasi MPASI dengan menggunakan Milna Bubur Organik Beras Merah? Nah, sebelum membuat resep MPASI ini, ada baiknya jika Anda mengetahui apa saja manfaat dari bahan-bahan yang digunakan. Berikut ini adalah manfaat buah pisang ambon yang bisa didapatkan oleh Si Kecil.

 

ketahui manfaat mengunsumsi pisang ambon bagi Si Kecil

 

1. Menyehatkan jantung

Manfaat yang pertama dari mengonsumsi pisang ambon adalah menjaga kesehatan jantung. Hal ini dapat terjadi karena buah ini memiliki kandungan potasium. Potasium merupakan elektrolit mineral yang membuat listrik dapat mengalir ke seluruh tubuh, dan diperlukan untuk menjaga detak jantung. Kandungan potasium dan sodium yang tinggi di dalam buah pisang ambon juga dapat membantu melindungi sistem kardivaskular.

 

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Buah pisang kaya akan serat yang dapat membantu melancarkan buang air besar Si Kecil. Di dalam satu buah pisang, terdapat sekitar 10 persen kebutuhan serat harian utuh. Peneliti juga mendapatkan bahwa pati resisten di dalam buah pisang dapat menjaga kesehatan usus.

 

3. Menjaga kesehatan tulang

Berdasarkan Journal of Physiology and Biochemistry, pisang ambon memiliki kandungan fructooligosaccharides yang merupakan karbohidrat non digestif penggerak probiotik. Zat ini ramah terhadap pencernaan. Selain itu, zat ini dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium, sehingga membuat tulang menjadi kuat.

 

4. Meningkatkan fungsi otak

Pisang ambon sangat kaya akan vitamin B6 atau piridoksin. Sehingga dengan mengonsumsi satu buah pisang ambon berukuran besar, sudah mampu mencukupi 33% total kebutuhan harian vitamin B6. Perlu Anda tahu, piridoksin merupakan vitamin B Kompleks yang berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung, sistem pencernaan, kekebalan tubuh, serta fungsi otak.

 

5. Meningkatkan sistem metabolik

Manfaat terakhir dari pisang ambon adalah untuk meningkatkan sistem metabolik. Sebab di dalam buah pisang ambon terdapat mangan yang dapat membantu penyerapan berbagai vitamin dan mineral penting bagi tubuh. Misalnya vitamin E, vitamin B, dan magnesium. Mangan juga bertindak sebagai co-factor yang penting dalam berbagai reaksi enzimatik yang merangsang aktivitas metabolik dalam tubuh.

 

Jadi Fams sudah tahukan manfaat pisang ambon bagi kesehatan? Makanya, langsung coba buat resep Bubur Beras Merah Pisang Ambon di rumah ya. Jangan lupa, Anda bisa dapatkan Milna Bubur Organik Beras Merah atau varian Milna lainnya dengan mudah di sini.

 

kreasi MPASI dengan Milna Bubur Organik Beras Merah

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

Youtube: Milna ID

https://hot.liputan6.com/read/4173640/9-manfaat-buah-pisang-ambon-untuk-kesehatan-konsumsi-secara-teratur