Buah Terbaik untuk Penderita Diabetes


Buah Terbaik untuk Penderita Diabetes

Buah Terbaik untuk Penderita Diabetes

Rasa buah yang kebanyakan manis terkadang membuat khawatir para penderita diabetes. Pasalnya, mereka harus menghindari kadar gula yang terlalu tinggi. Namun, sebagaimana kita ketahui, perawatan terbaik jika Anda menderita diabetes adalah, selain teratur mengkonsultasikan kesehatan, juga dengan berolahraga dan diet sehat. Sementara itu, salah satu komponen diet sehat adalah memperbanyak sayur dan buah. Jadi, apakah buah tetap harus diikutsertakan dalam menu diet diabetesi sehari-hari? Amankah?

 

Sebenarnya, mengkonsumsi buah bagi para diabetesi ternyata aman-aman saja. Ini karena, buah terkenal baik bagi kesehatan dengan kandungan vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, perhatikan pula kandungan karbohidrat dalam buah, karena batasan konsumsi buah bagi penderita diabetes ternyata terletak pada total karbohidrat yang dikonsumsi. Asupan buah yang dimakan harus mengandung maksimal 15 gram karbohidrat saja. Oleh karenanya, carilah buah-buah yang rendah karbohidrat, agar kita bisa mengkonsumsi buah lebih banyak, namun tetap aman bagi kesehatan.

 

Buah terbaik adalah buah segar yang utuh, atau yang diolah menjadi jus alami. Sementara, pilihan buruk adalah buah kaleng dengan rendaman sirup atau pemanis yang banyak, dan juga olahan buah dengan pemanis buatan. Sebuah penelitian yang dilansir jurnal medis online yang berbasis di Inggris, BMJ, menyatakan bahwa, mengkonsumsi buah utuh dapat secara signifikan menurunkan risiko diabetes tipe 2. Sedangkan, mengkonsumsi olahannya berupa jus buah dengan banyak pemanis buatan justru meningkatkan risiko tersebut.

 

Lalu, buah apa saja yang signifikan bagi penderita diabetes? Simak yuk.

* Apel, karena mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol, membersihkan sistem pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan penting untuk membantu pencernaan lemak.

 

* Varian buah berry  yang merupakan makanan super bagi diabetesi karena rendah karbohidrat.

 

* Studi menunjukkan bahwa, buah anggur dapat menurunkan tekanan darah, dan mengontrol resistensi insulin.

 

* Jeruk dan sejenisnya juga baik, karena mengandung vitamin C. Selain itu, juga memiliki indeks glikemik dan karbohidrat yang rendah. Kandungan folat dan potasiumnya pun mampu membantu menormalkan tekanan darah.

 

* Buah pomegranate atau delima merah bagus untuk mengontrol kadar gula dalam darah.

 

* Buah lain yang rendah karbohidrat, namun kaya serat, vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh dapat ditemui pada nanas, pepaya dan juga pir.

 

Jadi, penderita diabetes yang juga penggila buah tidak perlu lagi khawatir mengkonsumsi buah, ya. Asalkan, pilihlah buah yang tepat, dan sesuaikan dengan jumlahnya.

 

 

 

Salam,

KALBE Store