Bolehkah Banyak Memberi Cokelat Valentine pada Anak?

Bolehkah Banyak Memberi Cokelat Valentine pada Anak?

Siapa yang tidak suka cokelat? Makanan ini terkenal dengan rasa yang manis sehingga disukai oleh semua kalangan usia. Bahkan cokelat menjadi sangat populer pada perayaan hari valentine sebagai hadiah ungkapan rasa sayang yang diberikan orang tua atau pasangan suami istri.

 

 

 

 

 

 

Cokelat memang diketahui sebagai salah satu jenis makanan yang tidak hanya nikmat tetapi juga memiliki kandungan flavonoid. Flavonoid merupakan antioksidan tinggi yang membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Cokelat juga memiliki berbagai manfaat sebagai berikut:  

 

  1. Cokelat baik untuk kesehatan dan perkembangan otak pada anak. Selain itu, cokelat hitam dapat melindungi sel saraf otak dari kerusakan akibat stroke dan mampu meningkatkan memori.

  2. Cokelat mampu memperbaiki sistem pencernaan, saraf, dan kardiovaskuler karena kandungan magnesium.

  3. Cokelat bisa melawan kanker dan membersihkan pembuluh arteri karena kaya antioksidan mampu membersihkan plak.

  4. Cokelat dapat menurunkan kadar kolesterol sebanyak 10 persen. Cokelat hitam juga mampu menurunkan tekanan darah. 

  5. Cokelat bisa mencegah kerusakan gigi, karena kandungan theobromine mampu melawan bakteri streptokokus mutans yang bersarang dalam rongga mulut. 

  6. Cokelat dapat digunakan sebagai anti-depresan karena kandungan serotonin untuk merangsang produksi hormon endorphin dalam tubuh. 

  7. Kandungan serotonin dalam cokelat diyakini bisa membuat umur manusia menjadi panjang. 

 

Namun, apakah boleh memberikan banyak cokelat pada anak?

 

Walaupun mempunyai banyak manfaat, perlu diingat untuk tidak banyak memberikan cokelat kepada anak berusia dua tahun ke bawah, karena bisa menimbulkan masalah kesehatan. Jika Anda memberikan anak makan cokelat terlalu dini, kandungan kafein theobromine yang tinggi pada cokelat dapat membuat anak merasa lemas dan jantung berdebar. Mengonsumsi cokelat juga dapat meninggalkan sisa-sisa yang menempel pada gigi sehingga membuat gigi Si Kecil mengalami karies dan merusaknya.

 

Untuk Anda yang memiliki anak usia di atas dua tahun, boleh saja memberikan cokelat. Hanya saja pilihlah asupan cokelat yang rendah gula dan memiliki kadar kafein rendah. Pastikan juga porsi cokelat yang dimakan Si Kecil tidak berlebihan dan ajari untuk membersihkan mulutnya setelah makan dengan menggosok gigi. Terapkan kebiasaan berkumur dan menggosok gigi minimal dua kali sehari terutama sebelum tidur untuk menghilangkan sisa makanan termasuk cokelat. Hal ini harus dilakukan agar Si Kecil tidak mengalami kerusakan pada gigi dan bisa tumbuh dengan optimal.

 

Itulah manfaat dan aturan makan cokelat pada Si Kecil. Jangan lupa juga untuk tetap memberikan nutrisi terbaik bagi Si Kecil melalui Morinaga Chil School Platinum. Formula Brain Care melalui nutrisi AA DHA dan kolin mempercepat daya tangkap dan memperkuat daya ingat anak. Morinaga Chil School Platinum juga dapat menjaga pertahanan tubuh serta mendukung tumbuh kembang anak yang optimal. Tersedia varian rasa cokelat juga bagi Si Kecil yang menyukai rasa ini. Jadi tunggu apa lagi? Segera berikan Morinaga Chil School Platinum sekarang di sini! Anda bisa mendapatkannya di KALBE Store, toko yang menjual Susu Formula Terbaik & Susu Pertumbuhan Anak Online. Karena KALBE Store menyediakan berbagai susu formula dengan kualitas terbaik untuk anak alergi dan non alergi, serta susu pertumbuhan anak hingga usia 12 tahun.

 

 

 

bantu didik anak dengan nutrisi penting dari Morinaga Chil School Platinum Moricare Zigma

 

 

 

Salam,

 

KALCare

 

Sumber:

 

dream.co.id

liputan6.com