Berapa Lama Virus Corona Hidup?

Berapa Lama Virus Corona Hidup?

Cuci tangan dan tidak sering menyentuh wajah sedang gencar-gencarnya dihimbau Pemerintah pada masyarakat Indonesia. Pasalnya, menjaga kebersihan tangan dan tidak menyentuh wajah merupakan upaya pencegahan penyebaran coronavirus. Telapak tangan merupakan anggota tubuh yang paling mudah terpapar virus dan bakteri karena banyak menyentuh permukaan benda. Sebuah studi menunjukkan, jika virus corona dapat bertahan hidup di permukaan benda selama lebih dari seminggu. Lamanya virus bertahan mungkin dipengaruhi kondisi-kondisi yang berbeda. Seperti jenis permukaan, suhu atau kelembaban lingkungan dimana tempat tersebut berada.

 

Ketahanan coronavirus ini dibuktikan oleh para ilmuwan dari Institut Nasional Alergi & Penyakit Menular (NIAID), dari Institut Kesehatan Nasional Amerika Serikat. Penelitian terhadap covid-19 dilakukan dengan sebuah alat untuk mengeluarkan aerosol dan menggandakan tetesan mikroskopis saat batuk dan bersin. Maka didapatkan durasi ketahan coronavirus di luar tubuh manusia.

 

ketahui durasi hidup coronavirus pada permukaan benda

 

  1. Plastik, stainless steel, tembaga, dan kertas berada di suhu ruangan, virus coronabahkan mampu bertahan selama 4 jam hingga 5 hari.
  2. Permukaan kertas, virus corona tidak bisa hidup setelah 24 jam. Penelitian ini membuktikannya saat berada di atas kertas karton. Waktu yang dibutuhkan agar virusitu mati sekitar 3,5 jam. Namun, para peneliti memiliki banyak variabilitas, sehinggamereka menyarankan agar selalu berhati-hati jika ada yang bersin atau batuk di areakertas.
  3. Tembaga, Masa bertahan virus corona di atas alas tembaga adalah yang paling cepat. Hanya dengan waktu empat jam, virus itu sudah tidak aktif lagi. Bahkan, dalampenelitian dengan waktu 46 menit saja bisa membuat virus itu tidak aktif.
  4. Kayu, Berbeda dengan besi, aluminium, dan sarung tangan, kayu dapat menjadi tempat virus corona dengan rentang waktu yang lebih lama yaitu berkisar empat hari sejak tersentuh.
  5. Aluminium, Virus corona dapat bertahan di alumunium selama 2 hingga 8 jam sejakpertama kali bersentuhan dengan orang yang membawa virus tersebut.

 

Mengetahui ketahanan hidup covid-19, tidak heran jika Anda perlu berhati-hati dalam menyentuh permukaan benda. Terutama benda yang berada pada tempat umum dan banyak disentuh oleh orang lain. Misalnya seperti gagang pintu kantor, tombol lift, hingga handle grip pada kendaraan umum.

 

Jika Anda merasa suatu permukaan mungkin terinfeksi, bersihkanlah dengan disinfektan sederhana untuk membunuh virus dan melindungi diri Anda dan orang lain. Menurut dr. Atika dari KlikDokter, bahan aktif yang terdapat pada disinfektan mampu membunuh kuman dengan cara merusak sel tubuh mikroorganisme tersebut. Proses pemberian disinfektan disebut sebagai disinfeksi. Jenis-jenis disinfektan yang bisa digunakan sangat beragam, mulai dari klorin, alkohol, aldehid, quaternary ammonium compounds (quats), hingga hidrogen peroksida.

 

Lalu jangan lupa untuk mencuci tangan Anda dengan sabun dan air bersih mengalir setelah menyentuh permukaan benda. Atau bila tidak tersedia, gunakan cairan pembersih tangan berbahan alkohol dengan minimal kadarnya 60% seperti Handy Clean. Handy Clean merupakan cairan antiseptik pembersih tangan yang terbuat dari kombinasi alkohol dan Chlorhexidine Digluconate. Keduanya mampu bekerja untuk membunuh kuman berupa bakteri gram positif, bakteri gram negatif, mycobacteria, jamur, virus dengan cepat dan efektif. Ada juga kandungan Double Moisturizer untuk menjaga tangan tidak menjadi kering karena sering menggunakan hand sanitizer. Anda bisa mendapatkan Handy Clean dengan mudah di sini. Jangan lupa untuk menggunakan hand sanitizer dengan langkah yang tepat sesuai anjuran WHO berikut ini:

  1. Gosok bagian belakang jari dengan posisi tangan saling mengunci.
  2. Gosok bagian ibu jari dengan telapak tangan, dan lakukan gerakan memutar.
  3. Gosok bagian ujung jari di atas telapak tangan dengan gerakan memutar.
  4. Disarankan Anda menggosok tangan setidaknya selama 20-30 detik.

 

cegah penyebaran covid-19 dengan membersihkan tangan menggunakan Handy Clean

 

Itulah informasi yang perlu Anda ketahui mengenai lamanya virus corona bertahan hidup pada permukaan benda. Jangan lupa untuk selalu membersihkan area sekitar, baik itu di rumah atau kantor. Lakukan physical distancing atau menjaga jarak, serta beli makanan sehat & alat kesehatan online mudah & hemat di KALCare. Karena KALCare merupakan toko alat kesehatan asli, lengkap, aman, terpercaya online. Sehingga Anda dapat memenuhi kebutuhan nutrisi selama penyebaran covid-19 dan menggunakan alat kesehatan untuk mencegah penularan.

 

Salam,

 

KALCare

 

Sumber:

 

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3637808/ini-waktu-yang-diperlukan-virus-corona-untuk-hidup-di-benda-mati

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4948607/berapa-lama-virus-corona-bertahan-hidup-di-permukaan-plastik-dan-kertas/2