Berapa Lama Susu Formula Anak Bisa Bertahan?

Berapa Lama Susu Formula Anak Bisa Bertahan?

Susu formula anak memiliki beragam manfaat yang baik untuk si kecil. Kandungan nutrisi di dalamnya cukup lengkap dan mampu memenuhi kebutuhan nutrisi sang buah hati. Itulah kenapa susu formula kerap menjadi makanan pelengkap si kecil. Akan tetapi tahukah Anda kalau susu formula yang sudah diseduh sebaiknya segera dihabiskan? Bahkan jika tidak habis diminum, susu formula sebaiknya segera dibuang. Tapi sebenarnya berapa lama susu formula anak bisa bertahan? Yuk cari tahu jawabannya.

 

Berapa Lama Susu Formula Anak Bisa Bertahan

Susu formula anak yang sudah dicampur dengan air memiliki daya tahan yang lebih rendah dibandingkan dengan susu yang masih dalam kondisi bubuk. Dalam suhu ruangan, susu formula ini hanya mampu bertahan selama kurang lebih 6 jam saja. Jika sudah lebih dari itu, sebaiknya susu segera dibuang.

 

Susu yang telah terpapar suhu ruangan memang lebih cepat basi dikarenakan beberapa hal seperti karena telah tercampur dengan bakteri dan kuman. Jika dalam 6 jam susu tidak segera dibuang, susu yang telah terkontaminasi dikhawatirkan akan tumbuh jamur. Tentu saja ini berbahaya bagi si kecil jika sampai masuk ke pencernaannya. Bukan hanya bisa menyebabkan sakit perut atau diare, susu formula anak yang sudah basi juga bisa menjadi racun yang berbahaya bagi tubuhnya.

 

Akan tetapi bagaimana jika si kecil belum mau minum susu padahal susu sudah terlanjur dibuat? Jika sudah demikian, para ibu bisa menyimpannya di freezer terlebih dahulu. Tapi perlu diingat, jangan menyimpannya lebih dari satu hari. Jika ingin menyajikannya kembali, susu tersebut bisa dipanaskan kembali dengan cara meletakkan botol berisi susu di atas panci berisi air dan kemudian panaskan panci tersebut.

 

Menyajikan Susu Formula Anak Terbaik

Demi memperoleh manfaat terbaik dari susu formula anak, sebaiknya susu memang harus dihabiskan segera setelah dicampur dengan air. Jangan pernah menyimpan sisa susu yang tidak habis diminum oleh si kecil. Selain itu pastikan juga semua peralatan seperti botol dan dot dicuci sampai bersih saat hendak menyajikan susu formula.

 

Manfaat susu formula anak hanya dapat diperoleh jika disajikan dengan tepat. Meski demikian, memilih susu yang tepat untuk si kecil juga tidak kalah penting. Bagi Anda yang sedang mencari susu formula untuk si kecil, Morinaga Chil-Kid bisa menjadi salah satu pilihan terbaik.

 

 

 

Salam,

KALCare