Berapa Batas Konsumsi Gula Harian yang Diperbolehkan?

Berapa Batas Konsumsi Gula Harian yang Diperbolehkan?

Hingga kini, diabetes masih menjadi salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Tak hanya berbahaya, penyakit yang satu ini juga masih belum ada obatnya. Diet sehat adalah satu-satunya cara untuk menekan risiko terburuk dari diabetes. Meski faktor keturunan juga memegang peranan penting dalam mempengaruhi tinggi rendahnya risiko terkena diabetes, penyakit yang satu ini lebih banyak disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat. Konsumsi gula berlebih pun menjadi salah satu penyebab utamanya. Tapi berapa sebenarnya batasan konsumsi gula harian yang direkomendasikan?

 

Batas Konsumsi Gula Harian

Jika mengacu pada batas konsumsi gula harian yang direkomendasikan oleh Kementerian Kesehatan RI, banyaknya gula yang boleh dikonsumsi oleh setiap orangnya tak lebih dari 50 gram atau 4 sendok makan per hari. Konsumsi di atas jumlah tersebut mungkin tak akan memberi dampak langsung pada kesehatan. Namun jika ini terjadi untuk jangka waktu yang lama, bisa dipastikan gula darah akan terpengaruh dan melonjak tinggi.

Gula sendiri sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan energi. Karena itu, kekurangan gula bisa membuat seseorang merasa lemas. Melakukan aktivitas juga terasa tak bertenaga. Namun saat mendapatkan asupan gula, khususnya glukosa, energi yang ada seakan meledak-ledak. Hanya saja, asupannya memang harus dibatasi.

 

Gaya Hidup Sebagai Kunci Terbebas Dari Diabetes

Risiko orang yang lahir dari orang tua penderita diabetes memang tinggi. Akan tetapi gaya hidup tetap menjadi kunci apakah seseorang terkena penyakit ini atau tidak. Menjaga kondisi kesehatan dengan menerapkan gaya hidup sehat pun menjadi kunci. Misalnya saja dengan mengonsumsi makanan sehat dan beragam, lebih memilih makanan alami dibandingkan dengan makanan instan dan aktif berolahraga. Olahraga sendiri dapat membantu membakar kalori yang menjadi salah satu penyebab diabetes.

Membatasi konsumsi gula juga tak kalah penting. Anda bisa melakukannya dengan mengurangi makanan manis. Mengganti gula tebu dengan pemanis alternatif juga bisa jadi solusi. Kini semakin banyak pemanis rendah kalori yang tentunya juga aman untuk para penderita diabetes. Salah satu diantaranya adalah Diabetasol Stevia.

 

 

 

Salam,

KALBE Store