Benarkah Stres Menurunkan Daya Tahan Tubuh?

Benarkah Stres Menurunkan Daya Tahan Tubuh?

Kasus penyebaran Covid-19 di berbagai Negara di dunia memang belum berakhir. Termasuk di Indonesia sendiri yang masih meningkatnya jumlah pasien yang terinfeksi. Untuk itu WHO dan Kemenkes menghimbau masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat untuk daya tahan tubuh kuat. 

 

Daya tahan tubuh yang kuat memang menjadi salah satu cara untuk mencegah penyebaran virus corona. Sebab daya tahan tubuh yang kuat dapat mencegah masuknya bakteri, kuman, hingga virus serta membantu proses pemulihan jika memang sudah terinfeksi. Maka tidak heran jika saat ini banyak sekali informasi mengenai cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh. 

 

Faktor yang dapat menurunkan daya tahan tubuh : stres

 

Tapi Anda perlu tahu juga bahwa dalam kondisi tertentu, daya tahan tubuh dapat menurun lho. Salah satu cara yang dapat membuat daya tahan tubuh menurun adalah stres. Tidak hanya stres, kepanikan dan cemas juga dapat menurunkan daya tahan tubuh sehingga rentan terhadap penyakit, bahkan terinfeksi Covid-19. Hal ini dijelaskan secara rinci oleh Psikolog Wiene Dewi dari Himpunan Psikolog Indonesia atau HIMPSI. 

 

 

 

daya tahan tubuh menurun membuat virus mudah masuk ke dalam tubuh

 

 

 

Kondisi emosional yang tidak stabil seperti marah, cemas, sedih, atau tertekan akan membuat otak mengeluarkan hormon noradrenalin. Hormon noradrenalin merupakan hormon yang sangat beracun sehingga membuat fisik menjadi lemah. Akibatnya tubuh bisa menjadi sakit, cepat menua, bahkan mematikan syaraf. Padahal dalam menghadapi krisis penyebaran virus corona, masyarakat seharusnya berpikiran positif dan tenang. Dengan begitu kesehatan mental terjaga serta daya tahan tubuh tidak menurun. 

 

Efek stres berkelanjutan

 

Tidak hanya sekadar itu, stres juga membuat produksi suatu hormon yang memicu naiknya asam lambung. Sehingga Anda bisa mengalami gangguan maag atau tukak lambung. Kondisi ini disebut dengan gangguan psikosomatik, yang melibatkan pikiran dan tubuh. Sehingga pikiran memengaruhi tubuh hingga muncul suatu penyakit atau memperparah penyakit. 

 

Jika sudah terkena maag, tentu daya tahan tubuh Anda juga dapat menurun. Untuk itu Anda perlu memperbaiki pola makan, mengurangi stres, serta mengonsumsi H2 Zativa. H2 Zativa merupakan obat tradisional yang terbuat dari ekstrak jintan hitam, kunyit, dan temulawak. Sehingga H2 Zativa juga dapat menjaga kesehatan pencernaan. Anda bisa mendapatkan H2 Zativa dengan mudah di sini.

 

 

 

terlalu cemas atau stres dapat menurunkan daya tahan tubuh anda

 

 

 

Cara mengatasi stres

 

Maka dari itu, Anda perlu mengurangi rasa cemas dan emosi agar Anda tidak mengalami stres. Jika stres, Anda dapat mengurangi dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan seperti berkomunikasi dengan teman, menonton film, atau mengonsumsi cokelat untuk mendukung produksi hormon endorfin. Karena hormon endorfin dapat mengatasi stres serta meningkatkan daya tahan tubuh untuk menambah stamina. 

 

Jangan lupa untuk selalu bersyukur dan selalu berpikir positif dan tetap menjaga pola hidup sehat di tengah penyebaran virus corona. Kurangi juga membaca konten pencegahan coroan yang belum jelas sumbernya. Sebab beberapa informasi dapat menimbulkan kepanikan di tengah masyarakat padahal belum tentu benar.

 

Yuk, bersama-sama saling mencegah timbulnya kepanikan agar tidak stres. Lebih baik Anda berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat. Imbangi juga dengan mengonsumsi suplemen makanan & vitamin dewasa terbaik dari KALBE Store. Sebab KALBE Store menjual suplemen & vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh secara online. 

 

Salam,

KALBE Store

 

 

 

Sumber:

https://tirto.id/panik-stres-bisa-picu-turunnya-daya-tahan-tubuh-saat-wabah-corona-eGdA

https://www.sehatq.com/artikel/hormon-endorfin-adalah-salah-satu-senyawa-kebahagiaan-di-tubuh