Benarkah Siklus Menstruasi Memengaruhi Kadar Kolesterol?

Benarkah Siklus Menstruasi Memengaruhi Kadar Kolesterol?

Menjaga kesehatan tubuh memang memerlukan upaya-upaya khusus. Tidak hanya menjaga pola hidup sehat dan berolahraga saja, Anda juga perlu melakukan tes kesehatan.Tes ini akan melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh yang dilakukan secara berkala. 

 

 

 

 

 

 

Salah satu pemeriksaan kesehatan yang bisa dilakukan adalah pemeriksaan kolesterol.  Pemeriksaan ini akan memberitahu Anda mengenai kadar kolesterol dalam tubuh apakah normal atau tidak. Tetapi untuk melakukan cek kadar kolesterol untuk perempuan perlu memperhatikan siklus menstruasi. Karena ternyata, kadar kolesterol bisa dipengaruhi oleh siklus ini.

 

Kolesterol turun dan naik sesuai siklus menstruasi dibuktikan oleh hasil studi dalam The Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism. Pengujian kolesterol dalam penelitian ini dilakukan pada saat yang sama setiap bulannya sesuai siklusnya. Hasilnya, tingkat kolesterol tertinggi di hari pertama siklus, kemudian setelah ovulasi kadarnya mulai turun.

 

Studi yang dilakukan National Institutes of Health juga mengukur kadar hormon estrogen pada perempuan, kolesterol, serta lemak darah. Penelitian ini mengambil sampel 259 perempuan berusia 18-44 tahun dan dilakukan 2 kali selama 2 siklus menstruasi serta menggunakan tes kesuburan. Alasannya, untuk mengetahui waktu ovulasi atau masa subur pada perempuan.  Hasilnya, ketika kadar estrogen naik maka kolesterol baik (HDL) juga meningkat saat mencapai ovulasi. Namun kolesterol total, kolesterol jahat (LDL) dan lemak darah akan menurun seiring meningkatnya estrogen.

 

Menurut Marianne J Legato, MD, profesor kedokteran klinis di Columbia University College of Physicians, fakta ini penting diketahui. Karena, jika memang kadar kolesterol bervariasi sesuai dengan siklus menstruasi, maka waktu pengukuran harus disesuaikan agar pengobatan jadi optimal khususnya bagi penderita kolesterol. 

 

Perlu diketahui, jika kolesterol total dalam tubuh kurang dari 200 mg/dl darah maka masih dianggap normal. Jika kadar kolesterol antara 200-239 mg/dl darah sudah masuk ke dalam batas tinggi. Sedangkan jika lebih dari 240 mg/dl atau lebih maka tergolong tinggi.

 

Itulah penjelasan mengenai siklus menstruasi yang bisa mempengaruhi kadar kolesterol. Bagi Anda yang sudah terdeteksi kolesterol tinggi pada tubuh, jangan khawatir. Berikut ini ada cara sederhana untuk menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam darah:

 

1. Mengonsumsi bumbu dan rempah

 

Beberapa rempah yang dapat menurunkan kadar kolesterol di antaranya kayu manis, jahe, bawang putih dan kunyit.  Mencampurkan banyak bawang putih ke dalam makanan seperti sayur dan daging juga bermanfaat bagi tubuh. Alasannya, memakan bawang putih setiap hari terbukti bisa menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Tidak hanya itu, bawang putih juga bisa meningkatkan kesehatan jantung.

 

2. Mengurangi asupan gula

 

Tidak hanya membatasi asupan gula pasir, tetapi juga makanan mengandung karbohidrat seperti nasi putih dan roti putih dan minuman kemasan. Alasannya, gula juga ada di makanan tinggi karbohidrat dan minuman kemasan. Anda disarankan untuk minum air putih, air lemon dan teh tawar.

 

3. Olahraga teratur

 

Olahraga yang dilakukan secara teratur dapat menurunkan kolesterol jahat. Olahraga seperti aerobik, kardio, serta angkat beban secara signifikan dapat mengurangi jumlah kolesterol jahat dalam darah. Untuk mendapat hasil maksimal, Anda bisa melakukan kardio minimal selama 150 menit dalam seminggu.

 

4. Pilih lemak baik

 

Beberapa makanan yang bisa menjadi sumber HDL antara lain ikan salmon, makarel, alpukat, biji-bijian, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan minyak kelapa. Alasannya kolesterol baik HDL dapat membantu mengurangi jumlah kolesterol jahat LDL. Mengonsumsi makanan dengan kadar lemak sehat yang tinggi juga dapat membantu menjaga kadar kolesterol agar tetap sehat.

 

Selain cara-cara di atas, Anda juga bisa menurunkan kolesterol dengan Nutrive Benecol. Minuman smoothie dengan kandungan Plan Stanol Ester ini memiliki varian rasa berbeda-beda, yaitu blackcurrant, lychee, strawberry dan orange. Kandungan PSE itulah yang teruji klinis membantu menurunkan kolesterol total sebanyak 7-10% dalam 2-3 minggu dengan rutin konsumsi. Dan tahukah Anda? Menurunkan kolesterol tinggi dapat menurunkan risiko Anda terkena penyakit lainnya.

 

 

 

turunkan kolesterol dengan Nutrive Benecol

 

 

 

Anda tertarik untuk mencoba rangkaian Nutrive Benecol? Yuk langsung saja dapatkan Nutrive Benecol dengan mudah di sini. Anda juga bisa mendapatkan Makanan & Minuman Sehat di KALBE Store. Karena KALBE Store Menjual Makanan Sehat untuk Anak & Dewasa Online Berkualitas.

 

 

Salam,

 

KALBE Store

 

Sumber:

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-1892965/perhatikan-siklus-menstruasi-jika-ingin-periksa-kolesterol

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190926100610-255-434177/5-cara-sederhana-turunkan-kolesterol-jahat-dalam-darah