Benarkah Puasa Makan Malam Bisa Turunkan Berat Badan?


Benarkah Puasa Makan Malam Bisa Turunkan Berat Badan?

Benarkah Puasa Makan Malam Bisa Turunkan Berat Badan?

Ketika Anda sedang berusaha untuk turunkan berat badan, mungkin terlintas dalam pikiran Anda untuk menghindari makan malam. Namun, benarkah makan di malam hari menjadi satu-satunya penyebab kegemukan, dan tidak disarankan untuk dilakukan ketika Anda sedang berdiet?

 

Sebuah penelitian dari Obesity of Research & Clinical Practice memang menyarankan agar Anda menghindari makan di malam hari. Namun, bukan karena hal itu bisa memicu kegemukan, melainkan untuk alasan kesehatan. Sebab, makan sesaat sebelum tidur mampu meningkatkan kadar gula dalam darah selama 24 jam.

 

Sementara itu, penelitian yang dimuat dalam Journal of Clinical Sleep Medicine menunjukkan bahwa, mengonsumsi makanan pada malam hari, terutama yang tinggi lemak dan kalori, bisa membuat Anda sulit tidur. Akibatnya, Anda merasa lemas keesokan paginya, sehingga tubuh membutuhkan lebih banyak makanan untuk meningkatkan kembali energi Anda. Jadi, jika Anda ingin makan pada malam hari, tidak hanya jam makannya saja yang perlu Anda perhatikan, namun juga jenis makanan yang akan Anda konsumsi. Jika Anda makan malam lebih dari jam 20.00 dengan menu pizza, sosis, ayam goreng tepung, donat dan makanan berlemak lainnya, maka jangan heran jika berat badan Anda bertambah dengan cepat. Namun, coba deh jika Anda mengganti menu makan malam Anda dengan bahan-bahan makanan yang lebih sehat, misalnya sayuran, buah, roti gandum, atau makanan rendah kalori lainnya. Pasti ceritanya akan berbeda.

 

Sebenarnya, makan saat tengah malam sekalipun, selama tidak melebihi angka kecukupan kalori (berkisar antara 1800-2000 kalori per hari) tidak akan menjadi masalah. Permasalahannya adalah, banyak penelitian yang menyebutkan bahwa, sebagian besar orang dewasa, terutama wanita, telah memenuhi lebih dari setengah kebutuhan kalorinya per hari saat makan siang atau ngemil sore, sehingga sebaiknya jumlah atau asupan kalori saat makan malam lebih dibatasi. Oleh karena itulah, sebaiknya hindari makan malam, terutama jika Anda merasa kebutuhan kalori sudah terpenuhi . Pun hindari makan di malam hari hanya karena Anda merasa stress atau bosan, karena tentu saja kebiasaan ini akan membuat segala daya upaya Anda untuk turunkan berat badan sia-sia belaka.

 

 

 

Salam,

KALBE e-Store