Benarkah Mudah Mengantuk Gejala Diabetes?

Benarkah Mudah Mengantuk Gejala Diabetes?

Mudah mengantuk seringkali dikaitkan sebagai gejala diabetes mellitus (DM). Namun, gejala mengantuk yang dialami penderita diabetes ternyata berbeda dari kantuk biasa lho. Wah apa perbedaannya ya?

Kantuk ketika Anda sedang kelelahan atau kurang tidur merupakan kantuk yang normal. Orang yang punya kebiasaan mudah mengantuk juga tidak bisa serta merta dicap sebagai pengidap diabetes (diabetesi). Lalu, kantuk seperti apakah yang perlu diwaspadai?

Ciri kantuk yang patut diwaspadai sebagai tanda diabetes adalah apabila terasa di tengah-tengah aktivitas, terlebih jika terjadi pada orang yang tak mudah mengantuk. Misalnya saat orang pada umumnya seru menonton debat capres, Anda malah mengantuk. Nah, kantuk tak wajar seperti inilah yang perlu dicurigai.

Sebenarnya mengapa kantuk tak wajar bisa terjadi pada penderita diabetes?

Jadi, pada penyakit diabetes tipe 1, tubuh tidak cukup memproduksi insulin. Sedangkan pada tipe 2, insulin ada namun tidak bekerja efektif. Padahal insulin ini diperlukan untuk mengangkut glukosa dari darah ke sel tubuh sebagai energi. Akibatnya, terjadilah hiperglikemia alias kadar gula darah tinggi. Kondisi hiperglikemia ini menjadikan tubuh tidak memiliki cukup energi untuk beraktivitas, sehingga diabetesi menjadi lelah dan mudah mengantuk.
Ketika mulai mencurigai kantuk tak wajar, segeralah periksakan diri ke dokter untuk memastikan kondisi Anda. Bila benar mengidap diabetes, pada umumnya Anda juga dapat mengalami gejala seperti penglihatan buram, tangan kaki kebas atau kesemutan, dan haus terus menerus.
Bagi penderita diabetes yang mudah lelah dan mengantuk dianjurkan mengubah gaya hidup dengan rutin berolahraga, mengendalikan berat badan, menghindari stress, serta menjaga pola makan. Menjaga pola makan seimbang lebih mudah bila Anda mengonsumsi makanan khusus diabetesi, seperti rangkaian produk Diabetasol.
Diabetasol tersedia dalam 4 rangkaian produk yang aman dikonsumsi oleh diabetesi, yakni susu, sweetener, sereal, dan snack bar. Seluruh produk Diabetasol tentunya rendah Indeks Glikemik guna menghindari lonjakan gula darah tinggi maupun mencegah penurunan gula darah secara drastis. Menyertakan Diabetasol dalam rangkaian diet harian membantu gula darah Anda tetap stabil serta memastikan nutrisi seperti kalsium, serat, vitamin dan mineral tetap terpenuhi.

Cegah dan lawan diabetes dengan Diabetasol! Dapatkan rangkaian produknya dengan mudah di sini

 

 

Salam,

KALCare

 

 

Sumber:

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3499211/sering-mengantuk-pertanda-diabetes-mellitus

https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/diabetes-kencing-manis/penyebab-diabetes-mudah-lelah/