Benarkah Menyusui Membantu Ibu Menurunkan Berat Badan Pasca Kelahiran?


Benarkah Menyusui Membantu Ibu Menurunkan Berat Badan Pasca Kelahiran?

Benarkah Menyusui Membantu Ibu Menurunkan Berat Badan Pasca Kelahiran?

Pasca kelahiran, ada satu harapan yang terbersit dalam benak semua ibu, yakni menemukan cara termudah dan tercepat untuk menurunkan berat badannya kembali, hingga ke ukuran sebelum ia hamil dulu. Ya, memang ini merupakan perkara yang cukup pelik. Terlebih, rata-rata ibu hamil mengalami kenaikan berat badan hingga 12-15 kg, sebagian bahkan lebih dari itu. Tentu saja, mengembalikan ukuran tubuh seperti sedia kala tidak akan semudah membalikkan telapak tangan. Namun konon, ada cara yang mudah untuk membantu ibu mendapatkan kembali berat badan idealnya dulu: menyusui. Benarkah demikian?

 

Tentu saja, keinginan untuk mengembalikan berat badannya menjadi seperti sebelum hamil dulu menjadi pendorong dan motivator yang kuat untuk ibu memulai program diet ketat, dan bahkan berolahraga gila-gilaan. Namun, ada satu hal yang perlu ibu perhatikan sebelum melakukannya: Pasca persalinan, ibu diharapkan dapat menyokong kebutuhan nutrisi si kecil dengan cara menyusuinya. Dan, tentu saja untuk menyusui si kecil dengan lancar, ibu perlu memperhatikan pola konsumsi nutrisi ibu sendiri, dan memastikan bahwa tubuh ibu selalu dalam keadaan sehat dan bugar. Oleh karena itu, program diet ketat dan olahraga berlebihan tidak menjadi opsi yang disarankan untuk dijalankan ibu selepas persalinan. Namun, ibu tidak perlu khawatir, karena jawaban untuk menurunkan berat badan pasca persalinan ternyata ada pada saran selanjutnya: menyusui si kecil.

 

Ya, menyusui merupakan cara yang paling mudah untuk menurunkan berat badan pasca kelahiran. Aktivitas menyusui mampu membantu ibu untuk menurunkan berat badannya secara bertahap dalam waktu 6 bulan pasca kelahiran.

 

Selama proses menyusui berlangsung, sejumlah hormon akan dilepaskan ke dalam tubuh. Hormon-hormon inilah yang akan membantu rahim dan tubuh ibu secara umum untuk mengembalikan ukurannya ke bentuk semula seperti sebelum hamil. Selain itu, ketika menyusui pun, ternyata mampu membakar kalori sebesar 200-500 kalori, karena produksi ASI membutuhkan energi yang cukup besar. Proses pembakaran kalori tersebut setara dengan kegiatan berenang atau naik sepeda selama satu jam, lho.

 

Kini, ibu tahu bahwa menyusui tidak hanya bermanfaat untuk bayi, namun juga bermanfaat untuk ibu, salah satunya mampu menurunkan berat badan dengan cara alami. Dibandingkan dengan mengonsumsi obat-obatan atau diet keras selama masa menyusui, sebaiknya kombinasikan makanan bernutrisi, olahraga yang cukup, serta berikan ASI ekslusif bagi bayi Anda. Selain tubuh yang sehat, juga bermanfaat mengembalikan bentuk tubuh seperti sebelum kehamilan berlangsung. Menyenangkan bukan, menjadi ibu menyusui?

 

Salam,

KALBE e-Store