Benarkah Krill Oil Lebih Baik Dibandingkan Minyak Ikan?

Benarkah Krill Oil Lebih Baik Dibandingkan Minyak Ikan?

Krill oil atau minyak krill adalah minyak yang diambil dari zooplankton yang berbentuk seperti udang yang hidup di laut dalam Antartika. Minyak krill mengandung  Omega-3, EPA, dan DHA yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan baik untuk kesehatan jantung. 

Namun, bagi sebagian orang, belum banyak yang mengetahui apa perbedaan dan perbandingan krill oil vs fish oil. Yuk simak manfaat dan keunggulan lain dari minyak krill, berikut ini.

5 Manfaat dan Keunggulan Minyak Krill 

1. Krill Oil berasal dari perairan yang bebas dari cemaran merkuri

Krill Oil berasal dari plankton superba dari laurt dalam antartika bebas merkuri

Krill oil diambil dari zooplankton Euphausia Superba yang hidup di perairan terbersih Antartika, sehingga bebas dari logam berat seperti merkuri. 

Sejumlah penelitian membuktikan kalau konsumsi minyak krill sesuai anjuran memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tanpa menunjukkan efek yang tidak diinginkan. Dari banyak penelitian, ada 4 manfaat utama yang harus diketahui mengenai minyak ini.

2. Krill Oil Sumber Omega-3 yang baik 

Krill oil sumber omega 3 dan 6

Jurnal Lipids in Health and Disease dalam Biomedcentral yang berjudul Enhanced increase of omega-3 index in healthy individuals with response to 4-week n-3 fatty acid supplementation from krill oil versus fish oil menunjukkan bahwa konsumsi krill oil dapat meningkatkan konsentrasi Omega 3, EPA dan DHA di dalam darah dibandingkan dengan konsumsi minyak ikan.

Asam lemak pada krill oil menempel pada senyawa phospolipid dan trigliserida, sedangkan pada minyak ikan asam lemak lebih banyak menempel di trigliserida. Hal itu menyebabkan penyerapan asam lemak omega 3, EPA dan DHA pada krill oil lebih tinggi dibanding minyak ikan.

3. Krill Oil mengandung lebih banyak antioksidan

Krill Oil mengandung antioksidan Astaxanthin yang membuat warnanya jadi lebih kemeraha

Kandungan minyak krill vs minyak ikan satu ini cukup perlu diperhitungkan. Sebab, krill oil mengandung antioksidan dalam golongan astaxanthin yang kebanyakan tidak ditemukan pada minyak ikan. Antioksidan membantu melindungi tubuh dari stress oksidatif karena radikal bebas serta memiliki efek anti inflamasi .

Dilansir dari Healthline, terdapat penelitian yang memaparkan bahwa astaxanthin juga dapat menurunkan trigliserida (lemak jahat) dan meningkatkan lemak baik (HDL) pada orang yang memiliki kadar lemak darah yang tinggi.

4. Krill Oil baik untuk kesehatan jantung

Krill Oil bantu jaga kesehatan jantung

Seperti yang dijelaskan di poin sebelumnya, selain kandungan astaxanthin yang diduga dapat menurunkan trigliserida dalam darah dan meningkatkan kadar lemak baik, yang dapat menyehatkan jantung dan menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

Penelitian lain juga menunjukkan konsumsi 1-3 gr krill oil sehari selama 3 bulan dapat menurunkan gula darah, kolesterol total, trigliserida dan LDL (lemak jahat) secara lebih efektif dibandingkan konsumsi minyak ikan.

Studi lain membandingkan krill oil dengan olive oil dan menemukan bahwa krill oil dapat meningkatkan skor resistensi insulin yang berfungsi menyehatkan pembuluh darah. 

5. Krill oil dapat mengurangi nyeri akibat radang sendi

Krill Oil membantu mengurangi radang nyeri sendi

Krill oil memiliki efek anti-peradangan yang dapat mengurangi nyeri dari radang sendi. Penelitian juga menemukan minyak krill secara signifikan dapat mengurangi tanda-tanda peradangan, kekakuan, dan nyeri sendi pada pasien rematik dan osteoarthritis. 

Studi lain pada 50 orang dewasa yang memiliki nyeri lutut ringan menemukan bahwa, mengonsumsi krill oil selama 30 hari secara signifikan dapat mengurangi rasa sakit pada saat tidur dan berdiri. 

Rekomendasi Minyak Krill Terbaik 

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan Krill Oil, Anda bisa mengonsumsi H2 Superba Krill Oil. Suplemen H2 Superba Krill Oil adalah suplemen yang mengandung Omega-3 alami yang berasal dari zooplankton laut Antartika. Krill Oil kaya akan lemak Omega-3 khususnya.

H2-Superba-Krill-Oil-30 

Cara Konsumsi H2 Superba Krill Oil:

Anda bisa mengonsumsi 1 kapsul lunak sebanyak 2x sehari.EPA dan DHA. Komponen-komponen ini diserap oleh tubuh dalam bentuk fosfolipid. 

Komposisi H2 Superba Krill Oil:
Tiap kapsul lunak mengandung
100% Pure Krill oil
Superba Krill oil (Zooplankton) 500mg
Total Omega 3 110mg
EPA 60mg
DHA 275mg

Jangan lewatkan berbagai informasi kesehatan terkini seputar kesehatan jantung, kolesterol, hingga nutrisi untuk menjaga kesehatan pembuluh darah melalui artikel atau kulwap bersama pakar yang bisa Anda ikuti di Instagram maupun Facebook KALCare

Dapatkan promo menarik khusus produk H2 Superba Krill Oil melalui WhatsApp KALCare atau Telegram KALCare. Nikmati juga berbagai keuntungan berbelanja di KALCare seperti promo menarik, point reward,.

Salam,

KALCare