Benarkah Jeruk Nipis Bisa Atasi Gangguan Lambung?

Benarkah Jeruk Nipis Bisa Atasi Gangguan Lambung?

Kita biasanya dianjurkan untuk menghindari makanan asam saat mengalami gangguan lambung. Namun, jeruk nipis ternyata merupakan salah satu pengecualian. Baca penjabarannya berikut untuk mengetahui alasannya.

 

Anda tengah menderita gangguan lambung? Mungkin jeruk nipis bisa menjadi obat alami yang mujarab. Seperti buah lemon, jeruk nipis kaya akan vitamin C, B6, dan kalium. Namun, jeruk nipis ternyata mengandung lebih banyak kandungan acid atau asam, yang dapat menetralisir kondisi lambung menjadi basa, dan membantu memecah makanan dan gas yang terperangkap dalam usus. Hasilnya, perut kembung pun mengempes, dan Anda merasa nyaman kembali.

 

Ada beberapa cara melegakan gangguan lambung, terutama perut kembung, dengan menggunakan jeruk nipis. Berikut beberapa resep sederhana yang bisa Anda contek:

 

1) Peras jeruk nipis, dan campurkan ke dalam air hangat matang. Cobalah minum segelas setiap pagi untuk membersihkan dan menjaga sistem pencernaan Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan perasan jeruk nipis sebagai salah satu bahan tambahan dalam green smoothies untuk rasa yang lebih segar, serta mengurangi resiko konstipasi.  Bahan  yang bisa Anda pakai, misalnya bayam atau brokoli yang dicampur dengan pisang, yoghurt dan jeruk nipis, atau perpaduan alpukat dengan jeruk nipis.

 

2) Tambahkan jeruk nipis ke dalam minuman Anda (teh atau air putih), dan minum setelah makan untuk menghilangkan rasa eneg, sekaligus mengempiskan perut yang kembung.

 

3) Buatlah infused water dengan bahan jeruk nipis. Cuci bersih lemon, jeruk nipis dan mentimun. Potong secukupnya, dan masukkan ke dalam satu pitcher air matang, dan simpan selama semalam di dalam kulkas sebelum dikonsumsi.

 

4) Perut kembung, namun ingin sesuatu yang dapat menghangatkan perut? Anda bisa membuat sup ayam dengan isian wortel, jahe, serta diberi perasan jeruk nipis. Sup ini efektif untuk menghilangkan perut kembung, sekaligus membersihkan saluran pencernaan.

 

5) Jika perut kembung dan Anda membutuhkan minuman yang dapat meredakan kembung sekaligus menghangatkan perut, cobalah perpaduan antara jahe dengan jeruk nipis. Caranya, kupas dan cuci bersih satu inci jahe, lalu parut atau potong kecil-kecil hingga membentuk adonan halus seperti pulp atau bubur. Campurkan satu sendok teh bubur jahe dengan satu sendok teh perasan jeruk nipis ke dalam segelas air hangat, aduk rata. Minum saat Anda menderita perut kembung, dan tunggu kurang lebih 10 menit untuk merasakan khasiatnya.

 

 

Semoga gangguan lambung Anda segera teratasi, dan Anda dapat melanjutkan aktivitas harian Anda, ya.

 

 

 

Salam,

KALCare