Benarkah Diet Pisang Bisa Menurunkan Berat Badan dengan Cepat?

Benarkah Diet Pisang Bisa Menurunkan Berat Badan dengan Cepat?

Berawal dari Jepang, diet pisang, atau yang dikenal dengan istilah morning banana diet, semakin terkenal karena kemampuannya dalam menurunkan berat badan. Diet ini sangat simpel. Anda hanya perlu memakan sebuah pisang, ditambah dengan segelas air putih, pada pagi hari. Selebihnya, Anda dapat mengonsumsi makanan seperti biasa. Terdengar aneh, bukan? Bagaimana pola diet ini bisa membantu Anda menurunkan bobot tubuh? Ternyata, rahasianya ada pada kandungan yang dimiliki si buah pisang. Pisang mengandung protein, kalium, serat, enzim yang dapat membantu sistem pencernaan, serta resistant starch yang dapat membantu proses pembakaran lemak. Selain bernutrisi, pisang juga mengandung kalori yang rendah, yaitu sekitar 72-135 kalori per buah.   Menurut Kerri Glassman, seorang dietician dari New York, diet pisang baik bagi seseorang yang memiliki kebiasaan makan buruk. Misalnya, sarapan dengan makanan manis, atau hobi meminum minuman kemasan yang berkadar gula tinggi, seperti soft drinks. Agar hasil yang didapatkan maksimal, Anda dapat mengikuti cara berikut ini:

 

  • Awali hari dengan mengonsumsi 1-3 buah pisang yang tidak digoreng atau diolah apapun, kecuali jika Anda ingin membuat banana smoothies yang dicampur dengan yoghurt rendah lemak.

 

  • Makan dengan porsi normal pada siang atau malam hari.

 

  • Meminum air mineral bersuhu ruangan secukupnya.

 

  • Camilan diperbolehkan sekitar jam 3 sore, namun camilan yang dimakan sebaiknya tidak mengandung kalori atau gula yang tinggi. Selain itu, tidak boleh memakan makanan penutup pada saat makan malam.

 

  • Tidur sebelum jam 12 malam.

 

  • Rajin berolahraga dengan rutin.

 

Pada dasarnya, selama Anda mampu mengatur nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, Anda tidak perlu melakukan diet pisang untuk menurunkan berat badan Anda. Lagipula, diet ini tidak akan berhasil jika Anda tetap memelihara kebiasaan makanan yang tidak sehat, dan tidak berolahraga dengan rutin. Sebaiknya, Anda mulai pola diet Anda dengan mengubah cara berpikir Anda, agar hasil yang didapat tidak hanya optimal, namun juga dapat bertahan dengan lebih lama.

 

 

Salam,

KALBE Store