Benarkah Apel Baik untuk Kadar Kolestrol Anda?


Benarkah Apel Baik untuk Kadar Kolestrol Anda?

Benarkah Apel Baik untuk Kadar Kolestrol Anda?

Tingginya kadar kolesterol dalam darah perlu diwaspadai, guna memelihara kesehatan tubuh kita secara keseluruhan. Para ahli merekomendasikan, jumlah kolestrol total dalam tubuh manusia tidak lebih dari 200 mg/dl, dengan proporsi kadar kolesterol jahat (LDL) kurang dari 130 mg/dl. Jika lebih dari itu, maka dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit aterosklerosis, atau penyumbatan pembuluh darah, yang ujung-ujungnya bisa mempertinggi risiko kita terkena serangan jantung atau stroke.

 

Sebenarnya, banyak cara mudah dan praktis untuk membantu kita mengontrol dan, jika perlu, menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Salah satunya adalah, dengan mengonsumsi buah apel. Berdasarkan sebuah studi yang disampaikan oleh Bahram H. Arjmandi, Phd, RD, Kepala Departemen Ilmu Gizi dan Makanan di Florida State University, memakan buah apel sehari-hari terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol, sekaligus memangkas risiko dua faktor lain yang terkait plak, serta peradangan pada dinding arteri. Hal ini terjadi, karena buah apel memiliki berbagai nutrisi yang menyehatkan, seperti polyphenols, pectin, flavanoid, dan jenis serat lainnya.

 

Pektin (serat larut) yang terkandung dalam buah apel dapat membantu pengikatan kotoran logam berat, seperti timbal dan merkuri, sekaligus membantu mengeluarkannya dari dalam tubuh. Serat larut ini juga akan mencegah penyerapan kolesterol, dan membantu mengubahnya menjadi tenaga. Jadi, risiko terjadinya penumpukan dalam tubuh akan berkurang.

 

Selain pektin, terdapat zat flavanoid yang memiliki sifat antioksidan yang sangat tinggi, sehingga dapat membantu mencegah penyakit jantung, dengan cara menurunkan kadar kolestrol LDL. Flavanoid juga akan melindungi tubuh kita dari serangan radikal bebas.

 

Keuntungan lain dari mengonsumsi buah apel adalah kepraktisannya. Buah apel adalah buah yang sangat umum, dan untuk mendapatkannya, Anda cukup pergi ke toko buah atau supermarket terdekat. Bahkan, Anda pun dapat dengan mudah menemukannya di pasar-pasar tradisional di sekitar tempat tinggal Anda.

 

Pengolahan buah apel juga tidaklah susah. Selain dapat langsung dinikmati sebagai buah utuh, jika Anda bosan, Anda dapat mengolahnya ke dalam berbagai bentuk, misalnya menjadikannya sebagai campuran salad, sup buah, dan juga menjadi jus.

 

Jika Anda khawatir dengan penambahan berat badan, ketahuilah bahwa dalam 100 gram apel, terdapat 2,1 gram serat, yang baik bagi proses pencernaan dalam tubuh. Dengan mengonsumsi satu buah apel saja, sudah dapat memberikan lebih dari 10% total kebutuhan serat kita sehari-hari. Maka, tak salah jika ada pepatah yang mengatakan bahwa, ā€œAn apple a day keeps the doctor awayā€. Sebab, hanya dengan bermodalkan satu buah apel yang yummy saja, kita sudah dapat memetik banyak manfaat kesehatan, salah satunya mengontrol kadar kolesterol dalam darah, sehingga menurunkan risiko berbagai penyakit fatal lainnya.

 

 

 

Salam,

KALBE Store