Begini Cara Mengatasi Anak Tantrum

Begini Cara Mengatasi Anak Tantrum

Menangani kerewelan anak di tempat umum merupakan salah satu hal yang menjadi tantangan bagi orang tua. Perilaku rewel yang ditunjukkan anak biasanya disebabkan karena permasalahan dalam diri anak. 

Misalnya menginginkan barang yang anak inginkan atau kondisi badan yang kurang fit. Lantas, mengapa hal itu bisa terjadi pada anak?

 

 

 

 

 

 

Ketika anak meluapkan emosinya dengan menangis kencang, berguling-guling di lantai, hingga melempar barang, keadaan ini disebut tantrum. Kondisi tantrum normal terjadi, karena tantrum termasuk dari proses perkembangan anak. Tantrum biasanya dialami oleh anak berusia 1 sampai 4 tahun. Namun bagaimana caranya kita menghadapi anak tantrum? Berikut penjelasannya.

 

1. Biarkan anak meluapkan emosinya

 

Pada saat anak mengalami tantrum, banyak orang tua ikut terbawa emosi dan berakhir memarahi anak yang sedang meluapkan emosinya. Padahal, anak kecil yang sedang marah butuh waktu untuk menenangkan dirinya sendiri. Yang perlu Anda lakukan adalah membiarkan terlebih dahulu anak meluapkan apa yang menjadi perasaannya.

 

2. Saat sudah tenang, tanyakan pada anak apa yang anak rasakan

 

Akan ada masa anak merasa lelah dan harus berhenti dari amarah atau tantrum. Ketika anak sudah tenang, Anda bisa menanyakan lagi padanya apa yang anak rasakan. Selain bertanya apa yang anak rasakan, yang perlu Anda lakukan adalah meminta anak untuk mengambil nafas dalam-dalam. Sebab saat tantrum, biasanya anak menjadi lelah dan nafasnya menjadi lebih sedikit.

 

3. Cara tahu penyebab anak tantrum

 

Saat anak mulai tenang dari amarahnya karena tantrum, anak akan menjelaskan apa yang dirasakan. Sebab biasanya tantrum terjadi akibat berbagai faktor, seperti karena keinginannya tidak terpenuhi. Atau bisa juga terjadi karena kondisi badan anak yang tidak fit yang sering menjadi faktor anak mengalami tantrum. Jika faktor ini yang menyebabkannya tantrum, segera cari tahu penyakitnya dan lakukan penanganan pertama yang bisa meredakan rasa sakit yang anak alami. Jika dibiarkan, maka anak akan semakin sering mengalami tantrum.

 

4. Alihkan perhatian anak dari tantrum

 

Anak kecil biasanya mudah melupakan sesuatu dan akan tertarik pada suatu hal yang baru. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk mengalihkan perhatiannya saat tantrum. Misalnya, saat anak rewel, berteriak, atau marah, Anda bisa memberikan mainan yang sudah lama tidak dimainkan ataupun memberikan camilan kesukaannya. Anda juga bisa mengalihkan perhatiannya dengan bercerita hal-hal menarik, agar anak terpancing untuk mendengarkan sekaligus ikut bercerita apa yang pernah anak alami.

 

5. Jangan memarahi apalagi memukul anak saat tantrum

 

Perlu Anda ketahui, jika anak mengalami kondisi seperti ini, jangan memarahi, mencubit apalagi memukulnya. Karena jika Anda terpancing emosi, bisa jadi akan memengaruhi psikis anak. Sebagai gantinya, lebih baik Anda memeluk atau mencium anak agar emosi anak bisa tenang. Selain ampuh untuk menenangkan anak yang tantrum, memberikan pelukan dan ciuman bisa menjadi cara untuk menunjukkan pada anak bahwa Anda peduli dan mencintai anak Anda.

 

Jika tantrum yang dialami anak terlihat terlalu sering, bahkan membuatnya menyakiti diri sendiri atau orang lain, Anda bisa membawa anak ke dokter anak. Hal ini dilakukan agar Anda bisa mendiskusikan perilaku tersebut dan menemukan cara tepat untuk menanganinya, sehingga tumbuh kembang anak menjadi optimal.

 

Itulah cara untuk mengatasi si kecil jika mengalami tantrum. Jangan lupa juga untuk tetap memberikan nutrisi terbaik bagi anak melalui Morinaga Chil Kid Platinum. Formula Brain Care melalui nutrisi AA DHA dan kolin mempercepat daya tangkap dan memperkuat daya ingat anak saat diberikan arahan oleh Anda. Dua faktor lainnya juga menjaga pertahanan tubuh serta mendukung tumbuh kembang anak yang optimal.

 

 

 

 

 

 

 

Yuk dukung pertumbuhan anak beserta perilaku yang baik dengan Morinaga. Anda bisa mendapatkan produk Morinaga Chil Kid Platinum dengan mudah di sini. Dan jangan lupa untuk pilih susu formula anak berdasarkan kebutuhannya. Mulai yang menyediakan susu kualitas terbaik untuk anak hingga usia 12 yang memiliki alergi atau non alergi. Anda bisa mendapatkannya di KALBE Store. Karena, KALCare menjual Susu Formula & Susu Pertumbuhan Anak Terbaik Online.

 

 

 

Salam,

 

KALCare

 

 

Sumber:

popmama.com